Presiden Jokowi: Alhamdulillah, Penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN  Lancar

September 8, 2023

BRIEF.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa syukur penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN dan KTT lainnya berlangsung lancar.

Pertemuan yang berlangsung 5-7 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC)  meski dilaksanakan di tengah situasi  sulit, Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 mampu berkontribusi positif bagi upaya  menjaga stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan.

Alhamdulillah, KTT ke-43 ASEAN dan KTT Lainnya terlaksana dengan baik dan lancar. Walaupun di tengah situasi yang sulit, Keketuaan Indonesia menghasilkan banyak hal sebagai upaya menjaga perdamaian, menjaga stabilitas, dan menjaga kemakmuran kawasan,” kata Presiden Jokowi  saat memberikan pernyataan pers usai Penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di JCC, Kamis (7/9/2023).

Presiden Jokowi menyatakan,  sampai saat ini ASEAN telah berada pada jalur yang benar dalam menjalankan peran dan berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan perdamaian tersebut. Selain itu, ASEAN juga telah bergerak untuk menjadikan kawasan sebagai pusat pertumbuhan atau epicentrum of growth.

Keketuaan Indonesia di ASEAN, lanjut Presiden Jokowi  mampu mendorong terciptanya kesepakatan para pemimpin KTT Asia Timur atau East Asia Summit (EAS) terkait pusat pertumbuhan.

“Setelah melalui proses yang panjang dan sulit, akhirnya kita berhasil menyepakati EAS Leaders’ Joint Statement mengenai epicentrum of growth. Sekali lagi, ini bukan proses yang mudah, tarik-menarik geopolitik yang sangat kental, mengingatkan saya seperti saat di G20 di Bali, tapi alhamdulillah konsensus tercapai,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply