Krisis Myanmar, ASEAN Berkomitmen Implementasikan 5 Poin Kesepakatan

September 8, 2023

BRIEF.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ASEAN tetap berkomitmen untuk mengimplementasikan Lima Poin Kesepakatan atau Five-Point Consensus.

“ASEAN akan terus melanjutkan upaya Indonesia melalui keketuaannya telah menyampaikan lima langkah ASEAN untuk membantu Myanmar, salah satunya melalui pembentukan mekanisme troika,” kata Presiden Jokowi pada KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (8/9/2023).

Kepala Negara mengungkapkan, salah satu langkah yang ditempuh ASEAN adalah  membentuk Mekanisme Troika yang terdiri atas Menteri Luar Negeri (Menlu) Utusan Khusus Kamboja, Menlu Brunei,  Menlu Indonesia, yang  didukung Sekjen ASEAN untuk memonitor implementasi 5 Poin Konsensus terkait konflik Myanmar.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan adanya ketidakpercayaan terhadap junta militer Myanmar, berdasarkan pendekatan (engagement) yang telah dilakukan Indonesia dengan berbagai pemangku kepentingan di negara itu.

Sebagai ketua   ASEAN) Tahun 2023, kata Presiden Jokowi, Indonesia telah melakukan lebih dari 145 engagements dengan 70 pemangku kepentingan terkait Myanmar.

“Dan, Indonesia melihat sudah mulai muncul trust antara satu stakeholder dengan yang lain, kecuali dengan junta militer,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply