Jokowi Tinjau Proyek Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur

January 24, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini meninjau Proyek Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Peninjauan berawal dari Kawasan Jatinegara, Jakarta Timur yaitu di Area Inlet, yang kemudian dilanjutkan ke Area Arriving Shaft dan Area Outlet. Di Area Inlet, ia akan meninjau perkembangan pembangunan terowongan dan sungai.

Sedangkan di Area Arriving Shaft, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan melakukan penekanan tombol. Dan, di Area Outlet, Kepala Negara akan meninjau sambungan tunnel ganda.

Anggaran pembangunan Kanal Banjir Timur (KBT) sebesar Rp5 triliun di atas lahan seluas 405,28 hektare, di Jakarta Timur dan Jakarta Utara pada 2003 lalu. KBT dinilai mampu mengatasi banjir di 2 kelurahan di Jakarta Utara dan 11 kelurahan di Jakarta Timur.

Pembangunan KBT memotong lima aliran sungai, yakni Cipinang, Sunter, Buaran, Cakung, dan Jati Kramat.

Proyek pembangunan KBT dilanjutkan pada Februari 2015. Namun, pembangunannya dihentikan pada masa pemerintahan Gubernur Anies Baswedan, tahun 2017-2022.

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: