Keketuaan Indonesia Wujudkan Hilirisasi Industri

September 8, 2023

BRIEF.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 berhasil mewujudkan hilirisasi industri, yang memberikan nilai tambah sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Indonesia juga telah mewujudkan kesepakatan untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

“Kesepakatan di bidang ini, alhamdulillah juga berhasil kita capai untuk pengembangan end-to-end ekosistem EV yang didukung penuh oleh  Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Republik Korea,” kata Presiden Jokowi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN  di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (7/9/2023).

Presiden Jokowi mengatakan, KTT ke-43 ASEAN selain menghasilkan 90 dokumen, juga  kerja sama di bidang ekonomi, seperti percepatan pelaksanaan pembayaran lintas negara di kawasan dan penguatan penggunaan mata uang lokal dalam transaksi lintas negara.

Pada  ASEAN Indo-Pacific Forum yang menjadi unggulan Keketuaan Indonesia juga menghasilkan kerja sama konkret senilai  US$ 38,2 miliar.

“Ini konkret, menghasilkan 93 proyek senilai US 38,2 miliar . Ini adalah sekali lagi, ini adalah kerja sama konkret yang bermanfaat untuk rakyat,” ujar Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply