Bursa Bacawapres Memanas, Siapa Pendamping Ganjar Pranowo?

September 8, 2023

BRIEF.ID – Bursa bakal calon wakil presiden (bacawapres) kian menghangat. Setelah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mendeklarasikan diri sebagai bacawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan, belum ada nama baru.

Beberapa hari lalu, Yenny Wahid bertemu bacapres Prabowo Subianto. Prabowo didukung parpol Koalisi Indonesia Maju, yang terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan sejumlah parpol non parlemen lainnya.

Disebut-sebut, setelah ditinggalkan Muhaimin Iskandar, Prabowo akan menggandeng Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang mendampinginya berlaga pada Pilpres 2024. Pada Pilpres 2019, Prabowo maju bersama Sandiaga Uno, namun dikalahkan duet Joko Widodo – Ma’ruf Amin.

Apabila Prabowo maju pada Pilpres 2024, ini akan menjadi yang ketiga kalinya bagi politisi berusia 71 tahun itu mengadu peruntungan memperebutkan kursi Presiden RI.

Pertimbangan Matang

Kini, mulai muncul nama baru yang akan mengisi kursi bacawapres. Sebut saja, Sandiaga Uno, Ridwal Kamil, dan Khofifah Indar Parawansa. Ketiga nama ini diproyeksi berpotensi mendampingi bacapres Ganjar Pranowo.

Politisi PDI Perjuangan ini dideklarasikan sebagai bacapres pada 21 April 2023. Pencalonannya didukung PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hanura.

Ridwan Kamil pada saat serah terima jabatan, sempat menyebut breaking news yang akan terjadi dalam beberapa waktu kedepan.

Sementara itu, Plt Ketua Umum PPP Mardiono menyatakan bahwa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memiliki pertimbangan matang dalam menentukan bacawapres pendamping Ganjar Pranowo.

“Ibu Mega memiliki karakter yang cenderung banyak diam ya. Tidak banyak bicara ke publik, tapi beliau punya insting, perhitungan, dan kematangan di dalam sebuah perpolitikan kita,” kata Mardiono di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, breaking news yang dimaksud bukan soal cawapres Ganjar Pranowo.

“Tidak ada kaitannya breaking newsnya,” kata Airlangga di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (8/9/2023).

No Comments

    Leave a Reply