Wapres Minta Dana CSR Menyasar Pembangunan Ekonomi Inklusif di Perdesaan

May 7, 2024

BRIEF.ID, 7 mei 2024 – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) menyasar pembangunan ekonomi inklusif dan ramah lingkungan, khususnya di wilayah perdesaan.

Hal itu, disampaikan Wapres saat memberi sambutan pada acara Penghargaan Program CSR BUMN/Swasta dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2024 di Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Wapres juga meminta agar penerima dana CSR benar-benar tepat sasaran. Untuk itu, BUMN dan Swasta diminta memperhatikan kriteria penerima dana CSR dan memberikan program yang bermanfaat.

“Saya berharap target penerima CSR harus benar-benar diperhatikan agar tepat dan bermanfaat bagi masyarakat perdesaan guna mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan,” kata Wapres.

Pada kesempatan itu, Wapres menyampaikan apresiasi kepada BUMN, BUMD hingga BUMDesa, serta perusahaan swasta dan penggerak lokal yang terus berkomitmen dalam menjalankan program CSR yang memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Program CSR yang dijalankan BUMN, BUMD hingga BUMDesa serta pihak swasta, turut membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan. Untuk itu, dia mendorong semua pihak terus berinovasi menciptakan bisnis/usaha yang mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat serta menciptakan lapangan kerja yang berkesinambungan.

“Sumber Daya Manusia juga harus dapat menempa dirinya menjadi lebih unggul, semakin kreatif, inovatif, dan adaptif dengan dinamika perubahan, untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa,” ujar Wapres.

Pengembangan BUMDesa

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, melaporkan pemerintah telah merancang kebijakan eksploratif untuk pengembangan BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa).

Kerja sama tersebut melibatkan sinergi dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, asosiasi BUMDesa, dan perguruan tinggi.

“Kamiberharap upaya yang dilakukan dapat memajukan tingkat hidup masyarakat khususnya melalui aspek ekonomi,” kata Mendes PDTT.

Sebagai informasi, CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Awards 2024 diberikan kepada perusahaan dan lembaga lainnya seperti lembaga kemasyarakatan serta perorangan atas jasanya dalam membantu percepatan pembangunan desa melalui pelibatan dan pengembangan BUMDes/BUM Desma maupun kegiatan CSR lainnya.

Pada 2024, jumlah peserta meningkat dari yang sebelumnya 60 kandidat peserta menjadi 100 peserta, dengan 93 di antaranya lolos dan mendapatkan penghargaan. (Jeany Aipassa)

No Comments

    Leave a Reply