Simak, 3 Pekerjaan Gaji Tinggi Tak Butuh Gelar Sarjana

May 8, 2024

BRIEF.ID – Kemajuan teknologi digital membuka peluang lapangan pekerjaan yang tak hanya dapat dilakukan secara remote tetapi juga tak butuh gelar sarjana.

Sebagaimana dirilis Forbes, ada banyak peluang kerja yang tercipta dari kemajuan teknologi digital, baik di Amerika Serikat (AS) maupun di Eropa.

Salah satunya adalah jasa pemasaran yang industrinya bernilai miliaran dolar. Di Amerika Serikat saja, belanja pemasaran meningkat lebih dari 9% mencaoai US$481 miliar dolar AS pada tahun 2022.

Otoritas riset pasar, Statista, menyatakan meningkatnya permintaan akan layanan pemasaran selama bertahun-tahun memberikan peluang besar bagi para profesional pemasaran dan calon pemasar untuk mendapatkan penghidupan yang layak dalam industri ini.

Seieing dengan hadirnya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), industri pemasaran berkembang dengan menyediakan alat analisis, pengoptimalan konten, alat pembuatan dan penulisan kepada para profesional pemasaran, serta serangkaian perangkat lunak bermanfaat lainnya yang telah diintegrasikan oleh pemasar ke dalam pekerjaan sehari-hari.

Satu fakta menarik yang ditunjukkan Statista dari hasil penelitian menunjukan bahwa TikTok, YouTube, dan Google diproyeksikan mengalami penyerapan belanja pemasaran yang signifikan, pada tahun lalu.

Ketiga platform ini tampaknya menjadi favorit para profesional pemasaran karena mereka menyadari potensinya yang besar, sehingga alokasinya sesuai dengan anggaran pemasaran mereka.

Disebutkan peluang pekerjaan di industri pemasaran itu juga terbuka bagi yang tidak memiliki gelar sarjana. Banyak perusahaan kini menjadi lebih terbuka untuk mempekerjakan mereka yang memiliki keterampilan, pengetahuan teknis, dan kemauan untuk beradaptasi dan belajar, meskipun tak memiliki gelar sarjana.

Asalkan memiliki portofolio yang dapat diperoleh melalui magang, lepas, atau menjadi sukarelawan, sangat mungkin untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi di bidang pemasaran.

Berikut 3 pekerjaan di bidang pemasaran yang tidak memerlukan gelar:

  1. Manajer Media Sosial

Manajer media sosial adalah profesional dengan bayaran tertinggi dalam industri pemasaran, dengan gaji rata-rata US$115.000. Beberapa tanggung jawab harian dari peran tersebut termasuk merencanakan strategi konten untuk platform media sosial, serta meneliti dan membuat konten.

Meski demikian, perlu dicatat bahwa perhatian pertama harus diberikan pada proyek pribadi dan kegiatan sukarela, sehingga Anda memiliki sesuatu untuk mengisi resume Anda.

Keterampilan yang dibutuhkan:

  • Manajemen dan keterlibatan komunitas
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Kemampuan analisis
  • Kreativitas
  • Kemampuan Menulis
  • Kemampuan beradaptasi
  • Perangkat lunak khusus pemasaran

Adapun kisaran gaji untuk posisi ini rata-rata US$101.340 hingga US$128.550.

  1. Konsultan Pemasaran

Konsultan pemasaran bertugas memberikan nasihat kepada bisnis dari berbagai industri dan ukuran tentang cara mengembangkan strategi pemasaran, kampanye pemasaran, dan meningkatkan keterlibatan secara keseluruhan, sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan untuk bisnis tersebut.

Jika Anda tidak memiliki gelar, sebaiknya pertimbangkan bootcamp dan sertifikasi pemasaran profesional seperti yang ditawarkan oleh Google.

Keterampilan yang dibutuhkan:

  • Penyelesaian masalah
  • Analisis data
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Manajemen proyek
  • Membangun hubungan

Adapun kisaran gaji untuk posisi ini rata-rata sebesar US$68.131 dan US$91.214.

  1. Influencer

Seperti diketahui platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube menempati sebagian besar anggaran pemasaran?

Jika Anda tidak ingin bekerja secara langsung di bidang pemasaran, Anda dapat bekerja di sisi lain bidang pemasaran, yakni sebagai pemberi pengaruh.

Pemasaran influencer adalah industri yang bernilai lebih dari 20 miliar orang secara global, jadi ada banyak potensi di sini bagi Anda untuk berkolaborasi dengan merek sebagai influencer.

Keterampilan yang dibutuhkan:

  • Daya tarik visual
  • Kreativitas
  • Semangat untuk konten berkualitas dan unik
  • Komunikasi
  • Riset
  • Kolaborasi
  • Kemampuan analisis

Kisaran gaji untuk posisi ini rata-rata US$ 55.726 hingga US$ 77.903, meskipun beberapa influencer melaporkan pendapatan enam digit atau lebih.

No Comments

    Leave a Reply