Indonesia – Timor Leste Sepakat Bentuk Kawasan Ekonomi Kedua Negara

September 5, 2023

BRIEF.ID – Pemerintah Indonesia dan Timor Leste sepakat membangun kawasan ekonomi dan menyelesaikan masalah batas darat di perbatasan kedua negara.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Merdeka, Jakarta,  Senin (4/9/2023).

“Bapak Presiden menyampaikan, diharapkan akhir tahun ini batas darat dapat diselesaikan, dan kedua pemimpin juga menyepakati bahwa kerja sama ekonomi,  terutama di daerah perbatasan penting untuk ditingkatkan,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi  saat memberikan  keterangan pers usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan.

Menlu mengatakan, PM Xanana mengapresiasi dukungan Indonesia kepada Timor-Leste dalam keanggotaan ASEAN.

“Bapak Presiden menekankan dukungan ke depan untuk capacity building dalam rangka mempercepat keanggotaan penuh Timor-Leste di ASEAN,” lanjut Menlu.

Disebutkan,  PM Timor Leste juga  mengapresiasi Indonesia yang telah menjadi sumber perdamaian dunia. “PM Xanana Gusmao juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan center gravity of a peace dan  merupakan effective voice dari perdamaian,” ujarnya.

Hadir dalam pertemuan,  Menko Polhukam  Mahfud MD,  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

No Comments

    Leave a Reply