Indonesia Disebut Key Driver Dekatkan ASEAN dan  Pasifik

September 5, 2023

BRIEF.ID – Perdana Menteri (PM) Kepulauan Cook, Mark Brown mengapresiasi langkah-langkah konkret Indonesia sebagai key driver  yang mendekatkan ASEAN dan negara-negara di Pasifik.

Apresiasi itu disampaikan dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan  PM Kepulauan Cook Mark Brown di Istana Merdeka, Jakarta,  Senin (4/9/2023).

Pada pertemuan itu, PM Mark Brown menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Indonesia yang terus mendorong untuk mendekatkan ASEAN dengan Pasifik.

“Perdana Menteri Cook Island menyampaikan selamat kepada Indonesia dan Indonesia diapresiasi karena selama ini menjadi key driver untuk mendekatkan ASEAN dengan pasifik,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan.

Pada kesempatan itu, kedua pemimpin juga menyambut baik telah ditandatanganinya kerja sama antara Sekretariat ASEAN dengan Sekretariat Pacific Islands Forum (PIF).  PM Mark Brown berada di Indonesia dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pacific Islands Forum (PIF).

“Siang tadi telah ditandatangani kerja sama antara Sekretariat ASEAN dan juga dengan Sekretariat PIF. Ini merupakan implementasi dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang diinisiasi oleh Indonesia tahun 2019 kemudian diterjemahkan selama keketuaan Indonesia dengan merangkul IORA dan PIF dan Indonesia melakukan ASEAN Indo-Pacific Forum,” kata Menlu.

PM Mark Brown juga menyampaikan penghormatannnya terhadap isu kedaulatan dan integritas teritorial negara lain. PM Mark Brown, lanjut Menlu, menyampaikan isu kerja sama dengan negara-negara mitra sebagai prioritas utamanya.

“PM Cook Island menyampaikan, bagi PIF prioritas utama adalah membahas development priorities dengan negara-negara mitranya,” kata Menlu.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan, yaitu Menko Polhukam Mahfud MD dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

No Comments

    Leave a Reply