KTT BRICS ke-15, Presiden Jokowi Gelorakan Semangat Dasasila Bandung

August 25, 2023

BRIEF.ID – Semangat Dasasila Bandung kembali digelorakan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS ke-15  di Sandton Convention Center, Johannesburg, Republik Afrika Selatan, pada Kamis (24/8/2023).

“Kehadiran saya di sini juga didasari keinginan untuk terus menghidupkan  spirit Bandung yang masih sangat relevan sampai saat ini, di mana solidaritas, soliditas, dan kerja sama antarnegara berkembang perlu terus diperkuat,”  kata Presiden Jokowi  pada sesi BRICS-Africa Outreach and BRICS Plus Dialogue KTT BRICS.

Presiden Jokowi mengatakan Semangat Dasasila Bandung harus diperkuat untuk mengatasi krisis dunia. Apalagi situasi dunia kini berada di tengah situasi yang mengancam kehidupan umat manusia  akibat perang, konflik, dan ancaman lainnya.

“Perang dan konflik telah menyebabkan tragedi kemanusiaan, krisis pangan telah mengakibatkan puluhan juta orang jatuh miskin.   Belum lagi, ancaman perubahan iklim yang mengintai umat manusia,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, dalam upaya  mengatasi berbagai situasi,  kolaborasi dan solidaritas antarnegara di seluruh dunia sangat dibutuhkan, seperti halnya saat menghadapi pandemi Covid-19.

“Dari pandemi kita telah diajarkan bahwa krisis global tidak akan bisa selesai kalau kita bekerja sendiri-sendiri atau oleh sekelompok negara saja, dibutuhkan kolaborasi dan solidaritas bersama untuk mengatasinya,” ujar Presiden Jokowi.

Disebutkan,  kehadirannya pada KTT BRICS ke-15 selain untuk Indonesia, juga untuk mewakili suara rakyat negara-negara selatan global yang  menginginkan solusi terbaik untuk menghadapi krisis.

“Kehadiran saya hari ini bukan hanya sebagai pemimpin Indonesia, tapi sebagai sesama pemimpin the global south, yang mewakili 85 persen populasi dunia, yang inginkan win-win formula,” tegasnya.

Hadir dalam sesi itu,  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Republik Afrika Selatan Saud Purwanto Krisnawan.

No Comments

    Leave a Reply