Ganjar Pranowo: Presiden Jokowi Inginkan Program Sekolah Gratis SMKN Jateng Jadi Percontohan Nasional

August 31, 2023

BRIEF.ID  – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan Presiden  Joko Widodo (Jokowi) menginginkan  program sekolah gratis SMKN Jawa Tengah jadi percontohan secara nasional.

“Bapak Presiden  mengatakan akan memerintahkan Mendikbud untuk datang ke sini, dievaluasi lagi, dan bisa diperluas di provinsi yang lain untuk keluarga  tidak mampu,” kata Ganjar seperti dikutip dari Antara,  Kamis (31/8/2023).

Ganjar mengatakan bahwa SMKN Jateng merupakan satu-satunya sekolah yang berdiri di bekas Gedung BLK dan  lulusannya bisa bekerja di industri sehingga dapat menjadi tulang punggung keluarga  kurang mampu.

“Bapak Presiden  sampaikan bisa atau tidak ini ditambah, bisa. Kalau ini ditambah dengan kapasitas seperti itu, sebenarnya lebih banyak dari keluarga tidak mampu bisa sekolah lagi di SMK,” jelas Ganjar.

Menurut Ganjar,  kepada Presiden Jokowi disampaikan bahwa SMKN itu merupakan investasi tiga tahun. Tahun keempat sebenarnya sudah bisa panen, dan itu menjadi tulang punggung keluarga.

“Mohon maaf karena dari keluarga tidak mampu, angka kemiskinan bisa ditekan mulai dari pendidikan,” tegas Ganjar.

Di Semarang, SMKN Jateng memiliki lima jurusan, yakni Teknik Konstruksi & Perumahan, Teknik Pemesinan, Teknik Elektronika Industri, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

No Comments

    Leave a Reply