KTT ke-43 ASEAN, Menhub Cek Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta

August 31, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  mengecek kesiapan Terminal VVIP Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten untuk memastikan kesiapan pelayanan bandara itu menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di Jakarta, pada 5-7 September 2023. 

“Saya ingin memastikan dukungan  sektor transportasi berjalan baik untuk menyukseskan gelaran KTT ASEAN, khususnya kesiapan terminal VVIP dalam menyambut para tamu negara dan delegasi,” ujar Menhub seperti diberitakan laman Sekretariat Kabinet, Kamis (31/8/2023).

Menhub mengecek Terminal 3 VVIP dan Commercial Important Person (CIP) yang berada di Terminal 1. Ia juga berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait kesiapan rencana flow kendaraan, parking stand pesawat, aircraft and delegation, serta pengaturan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat.

“Kami terus berkoordinasi intensif dengan berbagai pihak seperti ground handling, keimigrasian, serta pihak terkait lainnya, agar penerbangan VVIP maupun reguler bisa berjalan lancar. Kita ingin memberikan kesan yang baik bagi para tamu negara dan menjaga nama baik Indonesia yang tengah mendapat kepercayaan tinggi dari dunia internasional untuk menyelenggarakan event pertemuan dunia seperti G20 dan KTT ASEAN ini,” ucap Menhub.

KTT ke-43 ASEAN  akan dihadiri  sejumlah pemimpin negara dan delegasi  dari negara-negara anggota ASEAN, negara mitra wicara, para duta besar negara sahabat,  organisasi internasional di Jakarta, perwakilan Kementerian/Lembaga, BUMN, dan stakeholders sektor transportasi.

Diperkirakan akan hadir 27 pemimpin negara dan organisasi internasional, termasuk pemimpin negara peserta East Asia Summit (EAS), pemimpin Pacific Island Forum (PIF), pemimpin Indian Ocean Rim Association (IORA),  Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF), dan Bank Dunia.

No Comments

    Leave a Reply