OIKN Terbitkan Panduan Pembangunan Kota Cerdas Berstandar Internasional 

July 27, 2023

BRIEF.ID – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menerbitkan panduan  pembangunan kota cerdas berstandar internasional  yang memuat tentang syarat dan ketentuan minimum pembangunan, standar fitur-fitur canggih yang bisa digunakan, dan lainnya.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi mengatakan pembangunan kota cerdas  IKN Nusantara akan menjadi pilot project dari standar minimum dibentuknya panduan bangunan cerdas pertama yang berstandar internasional.

“Ini lagi menunggu proses peraturan kepala. Jadi smart building sejauh ini belum ada standar internasional,  oleh karenanya kami berinisiatif mengeluarkan panduan untuk bangunan cerdas. Jadi minimum requirement-nya apa, fiturnya apa, dan seterusnya,“ ujarnya.

Lebih lanjut Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) itu, juga mengatakan saat ini OIKN sedang mengeksekusi infrastruktur cerdas agar sistem cerdas tersebut dibangun beriringan dengan pembangunan fisik.

Pembangunan fisik, lanjutnya, dapat berjalan apabila pembangunan multi-utility tunnel atau MUT sudah dibuat. Sebab, dari situlah kabel fiber optik yang ditanam di saluran bawahtanah bersama  semua jaringan pipa air sampai dengan kabel listrik.

“Fisiknya saja sedang dibangun ini sekarang lagi misalnya FO baru digelar kalau MUT sudah menjadi saluran bawah tanah itu kan sampai sekarang masih dalam proses pekerjaan, paling bisa

dilakukan itu proof of concept, proof of concept ini sedang dibangun rumah technology, techno house di IKN saat ini sedang kami persiapkan, jadi bulan depan mudahmudahan sudah bisa dikunjungi. Masyarakat publik bisa lihat smart building,” jelas Ali Berawi.

Adapun Techno house yang dibuka secara umum kepada masyarakat pada akhir bulan Agustus, merupakan rumah yang dapat menampilkan visual teknologi sistem cerdas bagi IKN.  Rumah tersebut direnovasi usai pengalihan aset ke pihak otorita.

“Jadi ada rumah bupati yang lama sedang dalam pengalihan aset otorita, rumahnya itu kami upgrade untuk dimanfaatkan sebagai techno house ini pekerjaan renovasi dari rumahnya

saja baru dimulai, kita sudah kontak berbagai technology provider yang tertarik konsep itu untuk membawa teknologinya kemudian untuk memperkenalkan kepada publik dan kemudian mulai mengoperasikan,” kata dia. (antara)

No Comments

    Leave a Reply