Dubes Rosan Optimistis UL Solutions Bangun Fasilitas Pengujian Baterai di Indonesia

July 1, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani optimistis akan segera terwujud komitmen kerja sama Pemerintah Indonesia dan UL Solutions  untuk membangun  fasilitas pengujian baterai  agar dapat  mendukung upaya pemerintah mengembangkan  ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicles (EV) di Indonesia.

“Kami sepakat menindaklanjuti pertemuan ini untuk membahas komitmen kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan UL Solutions. Semoga dapat terealisasi secepatnya,” kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/7/2023).

Dubes Rosan mendampingi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia  mengunjungi Kantor Pusat UL Solutions di Illinois,  Amerika Serikat, pada 26 Juli 2023.

UL Solution yang telah beroperasi selama 128 tahun adalah  perusahaan global di bidang sertifikasi dan pengujian produk perangkat lunak yang kini telah menjangkau lebih dari 100 negara. Di Asia, fasilitas pengujian baterai hanya ada di Tiongkok.

Kunjungan  itu, lanjut Dubes Rosan,  merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya antara Menteri Bahlil dan  Presiden Internasional UL Solutions, Todd Denison.

Alhamdulillah, Pak Menteri berhasil menyakinkan UL Solutions dan mendapat respons positif untuk rencana kolaborasi yang ditawarkan Pemerintah Indonesia. Pak Menteri menyampaikan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Investasi/BKPM, terus mendorong terciptanya ekosistem baterai kendaraan listrik dengan berkomitmen memberikan kemudahan izin usaha bagi investor yang berminat  berinvestasi pada ekosistem baterai kendaraan listrik di Indonesia,” kata Dubes Rosan.

Selama periode 2018 hingga triwulan pertama 2023,  Amerika Serikat telah merealisasikan investasi di Indonesia sebesar US$ 9,4 miliar. Investasi Amerika Serikat di sektor primer didominasi  pertambangan sebesar 74%, dan sisanya 26% adalah  sektor sekunder dan tersier,  seperti jasa lainnya yaitu listrik, gas, dan air; kimia dan farmasi; industri makanan; hotel dan restoran.

No Comments

    Leave a Reply