Gowes Membelah Amerika Selama 20 Hari,Dubes Rosan Bangga Torehan Prestasi  Pesepeda Dzaki Wardana

July 1, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani bangga atas prestasi yang ditorehkan pesepeda Dzaki Wardana pada ajang Trans Am Bike Race (TABR).

Dzaki  yang merupakan satu-satunya pesepeda asal Indonesia di antara 46 peserta  yang mengikuti event   TABR dengan rute dari Astoria, Oregon menuju ke Yorktown, Virginia, AS. Kejuaraan  yang berakhir di Yorktown, Minggu (25/6/2023) dini hari, menempatkan Dzaki pada posisi kelima.

“Selamat untuk Mas @dzaki_terbaik yang telah menyelesaikan lomba membelah Amerika sejauh 4.200 mil atau setara 6.800 kilometer. Indonesia sangat bangga ketika Merah Putih berkibar dalam ajang Trans Am Bike Race  yang berakhir di Yorktown,” kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/7/2023).  

Dubes RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani (kiri) didampingi Ibu Ayu Rosan (kanan) menjamu pesepeda Indonesia Dzaki Wardana di Wisma Indonesia Washington DC.

Dubes Rosan yang berkesempatan menjamu Dzaki menikmati sarapan pagi   di  Wisma Indonesia, kediaman resmi Dubes RI di Washington DC, menyebut bahwa Dzaki adalah pesepeda Indonesia pertama yang mengikuti lomba  TABR dan finish di posisi ke-5 dari 46 peserta.

“Mas Dzaki disambut hangat oleh perwakilan komunitas bersepeda, diaspora Indonesia dan teman-teman dari KBRI Washington DC. Mereka turut merasakan keharuan saat Mas Dzaki memasuki titik finish. Pencapaian yang luar biasa,” jelas Dubes Rosan.

Menurut dia, ajang ultra cycling yang membelah bagian tengah Amerika Serikat, dari ujung barat ke ujung timur atau dari Astoria di Oregon ke Yorktown di Virginia berlangsung selama  20 hari, 18 jam, dan 15 menit.

Dalam catatan komunitas pesepada, rata-rata  Dzaki gowes sejauh 323 km sehari, dengan kecepatan rata-rata 23,1 km per jam dan elevation gain 30.471 meter.

“Selamat ataș prestasi dan pencapaian tingkat dunia yang ditorehkan Mas Dzaki. Ucapan selamat saya sampaikan langsung saat kami sarapan bareng di Wisma Indonesia. Pertemuan yang berkesan dan sangat seru menyimak tentang perjuangan, tantangan dan risiko yang dihadapi di setiap etape. Semuanya dikalahkan dengan semangat dan tekad mengharumkan nama Indonesia. Indonesia bangga!,” kata Dubes Rosan.

No Comments

    Leave a Reply