Wapres Ajak Masyarakat Berkemampuan Finansial Sumbang Hewan Kurban

June 29, 2023

BRIEF.ID –  Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak masyarakat yang berkemampuan dan kelebihan finansial untuk menyumbangkan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Saya mengajak semua masyarakat yang mampu, yang punya kelebihan, jangan sampai tidak berkurban,” kata Wapres  usai melakukan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Ia mengatakan penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal akan dilaksanakan, pada Sabtu (1/7/2023) dan masyarakat masih memiliki waktu tiga hari untuk menyumbang hewan kurban.

“Ini masih ada tiga hari lagi. Hari ini ditambah tiga hari lagi, hari tasyrik itu namanya, masih ada,” kata Wapres.

Wapres mengungkapkan, berdasarkan mazhab Imam Syafi’i  hukum berkurban adalah sunnah muakkad, yang artinya sangat dianjurkan untuk umat Islam. Mazhab Imam Syafi’i, lanjutnya, juga berpendapat bahwa kurban hanya perlu dilakukan sekali seumur hidup.

Meski demikian, lanjut Wapres,  mazhab Imam Hanafi menyatakan bahwa seseorang yang mampu secara finansial diwajibkan untuk berkurban. Apabila orang tersebut tidak berkurban, maka ia berdosa.

“Jadi, ada yang mewajibkan, paling tidak sangat dianjurkan. Itu dari segi agama,” kata dia.

Sementara itu, dari sisi sosial,  masih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan untuk dapat merayakan hari raya kurban dengan gembira.

Menurut Wapres, masyarakat dapat memperoleh daging sapi maupun kambing sebagai bentuk semangat solidaritas dalam membantu sesama manusia, sebab kurban merupakan pendekatan diri kepada Tuhan.

Al Qorbu artinya dekat. Jadi, kurban itu sesuatu yang kita buat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Maa yutaqarrabu ilallah (yang mendekatkan kepada Allah). Nah, dalam suasana hari raya ini, cara mendekatkan kita kepada Allah melalui penyembelihan kurban itu,” ujar Wapres. (antara)

No Comments

    Leave a Reply