Presiden Jokowi: RPJMN Pedoman Mewujudkan Indonesia Emas 2045

June 15, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia Emas 2045 tidak  tidak bisa hadir secara otomatis. Indonesia Emas 2045  dapat diraih apabila  direncanakan secara baik,  memiliki fokus,  panduan,  dan haluan yang sama dengan menjadikan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sebagai pedoman.

“Saya  harap RPJMN yang diluncurkan dapat menjadi pedoman kita bersama. Dan, terlepas dari itu semua bagaimana pun baiknya perencanaan akan sia sia jika tidak dibarengi kemampuan eksekusi yang baik. Tidak ada artinya,” kata Presiden Jokowi pada peluncuran Indonesia Emas 2045 di Djakarta Theatre, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Presiden Jokowi mengungkapkan,  untuk mencapai Indonesia Emas 2045  dibutuhkan smart execution, smart leadership, dan strong leadership  yang berani serta pandai mencari solusi,  dan yang punya nyali  untuk memuluskan Indonesia sebagai ekonomi 5 besar dunia.

Ia mengatakan, Indonesia harus mempunyai  perencanaan, visi, dan strategi taktis.

“Kita berkompetisi dengan negara lain. Punya strategi besar tapi strategi taktis. Itu yang dulu-dulu kita tidak miliki. Tapi sekarang saya tanya kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas sudah  lebih taktis dan lebih detail,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia  berhadapan dengan kompetisi dengan negara-negara lain sehingga tidak bisa  lagi  memakai istilah-istilah yang absrud.

“Pengembangan,  penguatan, dan pemberdayaan harus  to the point. Harus taktis  untuk membawa kapal besar Indonesia menggapai cita-cita Indonesia Emas 2045. Jadi rencana taktis, visi taktis,  strategi besar, dan  strategi yang taktis. Kemudian berani mengeksekusinya. Sekali lagi bawa kapal besar Indonesia mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045 untuk menjadi 5 besar ekonomi dunia,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply