Dubes Rosan Pamit Kepada Jajaran USINDO

October 7, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS)  optimistis United States – Indonesia Society (USINDO) akan tetap berperan strategis untuk meningkatkan  hubungan bilateral Indonesia-AS.

AS  adalah salah satu mitra utama Indonesia di bidang perdagangan — ekspor dan impor. Pada tahun 2022, volume perdagangan kedua negara  mencapai US$ 27,5 miliar, meningkat 20,1% dibandingkan periode sama tahun 2021. Indonesia – AS  menargetkan peningkatan perdagangan sebanyak US$ 60 miliar, pada beberapa tahun ke depan.

“Terima kasih saya ucapkan kepada rekan-rekan USINDO yang telah menyelenggarakan resepsi perpisahan yang hangat untuk saya dan istri  Ayu Heni Rosan, yang akan purna tugas sebagai duta besar Indonesia di Amerika Serikat,” kata Rosan di Washington DC, AS, pada 2 Oktober 2023.

Melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, pada Sabtu (7/10/2023), Rosan menyatakan bahwa selanjutnya akan menjalankan  tugas baru sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setelah dilantik Presiden Joko Widodo, pada 17 Juli 2023.

Rosan secara terbuka mengungkapkan bahwa hubungan billateral Indonesia – AS kini semakin kuat  dan USINDO telah menjadi mitra terdepan dalam memperkuat hubungan ini.

“Sebagai Wakil Menteri BUMN yang baru dilantik, saya juga menyoroti komitmen peningkatan kerja sama di antara BUMN Indonesia dengan berbagai sektor di Amerika Serikat,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia  menyampaikan terima kasih kepada jajaran USINDO yang telah menjalin kemitraan erat selama menjalankan tugasnya sebagai Dubes RI untuk AS.

“Saya juga berterima kasih kepada Presiden USINDO, Ambassador  David Merril, Ambassador Bob, Blake dan Deputi Asisten Sekretaris Utama (PDAS) Biro Urusan Asia Timur dan Pasifik, Departemen Luar Negeri Mr  Kin W. Moy yang telah hadir dan memberikan sambutan menyentuh bagi kami. Semoga hubungan baik ini  terus berlanjut di masa depan,” kata Rosan.

Seperti diberitakan, USINDO  merupakan  organisasi non-pemerintahan yang secara eksklusif didedikasikan untuk meningkatkan pemahaman AS tentang Indonesia, pengertian Indonesia tentang AS, serta memperkuat hubungan kedua negara dan masyarakatnya.

No Comments

    Leave a Reply