Peringatan Hari Batik Nasional 2023 di Washington DC, Dubes Rosan: Karya Seni Luar Biasa, Wajah Indonesia

October 7, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) mengatakan batik adalah  karya seni luar biasa yang selama ini menjadi wajah budaya Indonesia.

“Batik sebagai karya seni luar biasa, menjadi wajah budaya Indonesia. Ini sangat membanggakan, batik selain memiliki  nilai seni juga sarat makna filosofis,” kata Rosan pada peringatan Hari Batik Nasional 2023, yang digelar  di Kantor Pusat Bank Dunia di Washington DC, AS, pada 2 Oktober 2023.

Rosan  didampingi Ibu Ayu Heni Rosan hadir pada acara yang diprakarsai Direktur Eksekutif Bank Dunia Wempi Saputra, Asosiasi Pekerja Bank Dunia – IMF,  dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Peringatan  Hari Batik Nasional 2023 di Bank Dunia yang dihadiri  para duta besar negara sahabat, juga disemarakkan  pameran batik, pementasan  kesenian, dan kuliner khas Indonesia. 

Menurut Rosan, seni membatik telah ada di Indonesia  lebih dari 1.000 tahun lalu. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022,  disebutkan bahwa nilai ekspor batik Indonesia mencapai angka US$ 25,31 juta  dengan volume mencapai 987,71 ribu kilogram. Negara-negara tujuan ekspor batik Indonesia adalah Amerika Serikat, Malaysia, Prancis, Thailand, Inggris, Australia, Singapura, Jepang, Kanada, dan Arab Saudi

Batik, lanjutnya,  juga telah  diakui  organisasi PBB, UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, pada  2 Oktober  2009.

“Batik layak diakui dunia karena batik  dibuat dengan teknik, memiliki simbolisme, dan budaya yang  sangat melekat dengan kebudayaan Indonesia,” kata Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

No Comments

    Leave a Reply