RI – Ceko Bangun Kerja Sama Perdagangan dan Investasi

April 18, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia dan Republik Ceko telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang investasi, perdagangan, pertahanan, dan industri strategis. Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023) antara delegasi Indonesia yang dipimpin Presiden Jokowi dan delegasi Ceko di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Petr Fiala.

Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas kunjungan PM Petr Fiala ke Istana Kepresidenan Bogor, yang merupakan kunjungan tingkat kepala pemerintahan pertama dari Republik Ceko ke Indonesia.

“Kunjungan Perdana Menteri Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Tidak hanya Perdana Menteri Fiala dan delegasi terbatas, kunjungan kali ini juga dihadiri para pengusaha dari Republik Ceko, dalam rangka merefleksikan komitmen untuk membangun dan meningkatkan kerja sama kedua negara.

“Tadi kami sudah berbicara tentang kerja sama perdagangan, kerja sama investasi, kerja sama pertahanan dan industri strategis, serta tentang ASEAN dan Indo Pasifik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan sejumlah isu terkait beberapa regulasi Uni Eropa yang dinilai diskriminatif. Selain itu, Presiden juga menekankan pentingnya mendorong percepatan penyelesaian Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

“Kami juga sepakat menjajaki kerja sama joint production antara industri strategis, transfer teknologi, dan capacity building,” kata Presiden Jokowi.

Tidak lupa, Presiden Jokowi mengundang Republik Ceko untuk turut serta melakukan investasi pada pembangunan Ibu Kota Nusantara. Presiden dan PM Fiala juga membahas terkait rencana penyelenggaraan ASEAN Indo Pacific Infrastructure Forum yang akan berlangsung pada bulan September mendatang.

“Sebagai penutup, saya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Fiala atas pertemuan yang produktif ini,” tutur Presiden.

No Comments

    Leave a Reply