Hannover Messe 2023, Indonesia Tampilkan 157 Peserta

April 18, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka  Paviliun Indonesia di Hannover Messe 2023, Senin (17/4/2023). Indonesia menjadi  satu-satunya negara ASEAN sebagai  mitra resmi.

Pada pameran yang diikuti 90 negara itu, Indonesia menampilkan 157 peserta pameran atau co-exhibitor dari berbagai bidang yang sesuai dengan tema Hannover Messe 2023.

“Kita membawa 157 co-exhibitor, baik dari swasta, dari BUMN, dari kawasan industri, KEK (kawasan ekonomi khusus), dan semua sektor kita libatkan, terutama yang terkait dengan teknologi industri sesuai dengan tema Hannover Messe 2023 kita kan mendorong Making Indonesia 4.0,” kata Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

Ia mengatakan, salah satu ikon  yang ditampilkan dalam Paviliun Indonesia adalah Ibu Kota Nusantara (IKN). Sekretaris Otorita IKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya  dalam keterangannya mengatakan, IKN menampilkan tiga sisi dalam Hannover Messe 2023 yaitu ekonomi hijau, ekonomi berkelanjutan, hingga mobilitas otomatis.

“Kami menampilkan area di sekitar sumbu kebangsaan yang merupakan target di 2024 ini harus diselesaikan pembangunan fisiknya supaya kita bisa memasuki fase pertama itu, termasuk pemindahan dari ibu kota negara di tahun 2024 di mana Bapak Presiden sudah mencanangkan akan melakukan upacara di area Plaza Kebangsaan, plaza ceremony-nya,” ungkap Achmad.

Ia  berharap, keikutsertaan IKN sebagai salah satu peserta dalam pameran industri terbesar di dunia tersebut dapat meningkatkan minat para pemain industri teknologi untuk berinvestasi dan bekerja sama dalam mengembangkan IKN.

“Tentunya dari berbagai vendor di seluruh dunia yang juga kita harapkan dapat bekerja sama dengan vendor teknologi dari Indonesia yang hadir di dalam Hannover Messe ini,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT Akebono Brake Astra Indonesia, Daniel Suryananta,  berharap keikutsertaan perusahaannya sebagai peserta di Paviliun Indonesia dapat membantu memperkenalkan produk di bidang industri komponen kendaraan. Ia juga ingin menunjukkan bahwa ekosistem industri di Indonesia sudah terbentuk dengan baik.

“Indonesia bukan hanya lokasi pabrik kami, tapi ada orang-orang hebat yang bekerja dan berkarya untuk menciptakan sesuatu yang sangat spektakuler untuk mengikuti tren teknologi yang terjadi saat ini,” ujar Daniel.

Melalui Hannover Messe 2023, Daniel juga menggunakan kesempatan itu untuk  mempelajari perkembangan teknologi industri terbaru dari sejumlah negara peserta lainnya.

“Apa yang bisa digunakan, teknologi yang efektif bisa kami bawa ke Indonesia untuk meningkatkan produktivitas perusahaan kami,” kata  Daniel.

No Comments

    Leave a Reply