Presiden Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Massal, Kurangi Kemacetan

February 29, 2024

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat menggunakan transportasi massal untuk mengurangi kemacetan dan penggunaan kendaraan pribadi di berbagai kota di Tanah Air.

Ajakan itu disampaikan Jokowi saat  meresmikan pengoperasian  Terminal Samarinda Seberang di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (28/2/2024).  

“Kalau kita lihat dari kota, ke kota di mana pun sekarang ini macet. Macet, termasuk saya lihat di Samarinda, termasuk saya lihat di Balikpapan, termasuk saya lihat di Banjarmasin. Oleh sebab itu, kita harus mendorong lagi transportasi massal, transportasi umum agar penggunaan kendaraan pribadi itu terus berkurang,” ujar Presiden.

Ia mencontohkan, kemacetan di Jakarta yang terjadi selama bertahun-tahun meskipun sudah memiliki berbagai sarana transportasi massal, seperti kereta rel listrik (KRL), Lintas Rel Terpadu (LRT), Moda Raya Terpadu (MRT), dan TransJakarta.

“Kota-kota selain Jakarta harus mempersiapkan diri pentingnya transportasi umum, pentingnya transportasi massal,” ujarnya.

Kepala Negara mengaku senang,  pembangunan Terminal Samarinda Seberang, yang sebelumnya kumuh, kotor, dan tidak tertata,  kini telah menjelma menjadi terminal yang bersih dan rapih.

“Kita harapkan ini akan mendorong masyarakat untuk berbondong-bondong mulai menggunakan transportasi umum. Dari sini kan bisa ke Balikpapan dan dari sini juga bisa ke Banjarmasin. Saya kira akan sangat baik kalau menggunakan transportasi umum dan tidak menggunakan transportasi pribadi. Ini, sekali lagi untuk mengurangi kemacetan di semua kota yang kita miliki,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply