Presiden Jokowi:  Hannover Messe 2023, Pameran Tentang Masa Depan

April 18, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Hannover Messe 2023 adalah pameran tentang masa depan.

Ia sangat mengapresiasi  penyelenggaraan pameran industri dan teknologi terbesar dunia itu dengan  menyatakan  Indonesia merasa terhormat menjadi negara pertama di ASEAN, yang dipilih sebagai negara mitra resmi pada gelaran Hannover Messe.

“Ini merupakan event terbesar dan terpenting untuk industri dan teknologi dunia. Ini adalah pameran tentang masa depan. This is where the future holds,” kata Presiden Jokowi usai meninjau sejumlah stan  bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Hannover Messe 2023,  Senin (17/4/2023).  

Pada pameran  yang diikuti lebih dari 90 negara, Indonesia mengusung tema “Making Indonesia 4.0,”  yang  sangat relevan dengan kondisi Indonesia yang sedang melakukan transformasi ekonomi.

“Making Indonesia 4.0 adalah tema yang sangat relevan bagi Indonesia yang sedang lakukan transformasi ekonomi sebagai kunci untuk tingkatkan produktivitas melalui hilirisasi industri dan ekonomi hijau,” kata Presiden Jokowi.

Selain itu, melalui Hannover Messe 2023, Indonesia ingin menunjukkan jati diri sebagai land of opportunity dan sebagai hub manufaktur masa depan yang selalu terbuka untuk kerja sama dan investasi. Presiden mencontohkan kemitraan Jerman dan Indonesia sebagai kemitraan Utara-Selatan yang baik.

“Kemitraan yang setara saling menghormati dan menguntungkan. Ini adalah wajah kemitraan untuk masa depan. Partnership for the brighter future,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply