Menkeu Apresiasi Dukungan Pemerintah Jepang Bagi Kontribusi JICA di Indonesia

February 15, 2023

BRIEF.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menggelar  pertemuan bilateral dengan Presiden JICA (Japan International Cooperation Agency), Tanaka Akihiko di Tokyo, Jepang,  Selasa (14/2/2023).

Pada pertemuan itu Akihiko  mengucapkan selamat atas keberhasilan Indonesia  menyelenggarakan Presidensi G20 tahun lalu serta menaruh harapan besar pada peran Indonesia dalam ASEAN Chairmanship tahun 2023.

Akihiko menyebut, kinerja ekonomi makro Indonesia sangat solid,  bahkan mampu mendukung pertumbuhan kawasan. Selain itu, ia juga menyampaikan apresiasi terhadap langkah-langkah penanganan Covid-19 Indonesia melalui kebijakan fiskal yang prudent untuk menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan.

Kerja sama  Jepang dan Indonesia, dan juga kerja sama Jepang dan ASEAN, saat ini telah melampaui setengah abad. Hal itu semakin menegaskan pentingnya kerja sama regional di kawasan ini bagi kemakmuran bersama di Asia. Kontribusi ASEAN dan ASEAN+3 tidak kecil dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas kawasan untuk menjamin pertumbuhan ekonomi tetap meningkat, khususnya di kawasan Asia.

Menkeu mengapresiasi dukungan Jepang atas kontribusi JICA selama ini. Menkeu menjelaskan bahwa dukungan JICA sangat penting bagi Indonesia, khususnya dalam pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, pelabuhan, dan transportasi massal seperti MRT guna mendukung perkembangan industri manufaktur dalam negeri.

Menkeu  mendorong agar peran JICA dalam mendorong penyediaan energi khususnya energi terbarukan di Indonesia semakin diperbesar. Antara lain melalui skema Just Energy Transition Partnership (JETP) untuk mendorong transisi energi yang terjangkau dan berkelanjutan. Menkeu menekankan peran krusial kerja sama antarnegara dan kerja sama erat diantara lembaga regional serta multilateral agar Asia menjadi bright spot bagi dunia.

Mengakhiri pertemuan, Menkeu  menyampaikan harapan agar Jepang melalui berbagai programnya dapat terus mendukung upaya Indonesia untuk bertransisi dari ekonomi menengah ke atas, khususnya melalui pengembangan sumber daya manusia dan kerja sama dengan skema blended financing dengan LPDP selaku pengelola dana abadi pendidikan Indonesia. Menkeu pun menyoroti pentingnya penyelenggaraan pelatihan vokasi dan mendorong keikutsertaan JICA dan perusahaan multinasional serta perusahaan global dari Jepang dalam pelatihan vokasi.

Menkeu dan Presiden JICA sepakat bahwa kekuatan soft power yang terjalin lebih dari 50 tahun adalah bekal utama dalam melestarikan hubungan yang erat antara dua sahabat, Jepang dan Indonesia.

No Comments

    Leave a Reply