AP II Perkenalkan Robot Pelayan Traveler di Bandara Soetta dan Kualanamu

December 20, 2022

BRIEF.ID –  PT Angkasa Pura II memperkenalkan robot pelayan  traveler di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Banten dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang).

Robot pelayan bernama Bella dapat  berinteraksi langsung dengan traveler dan bertugas melayani traveler sepanjang periode peak season angkutan Natal dan Tahun Baru,  pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Di Bandara Soekarno-Hatta, Bella bertugas secara bergantian di boarding lounge Terminal 3 (domestik dan internasional) serta Terminal 2 dan Terminal 1 untuk berkeliling menyapa traveler, serta membagikan secara gratis makanan ringan, minuman dan hand sanitizer.

Tugas Bella pun sama di Bandara Kualanamu, yakni menyapa traveler dan membagikan makanan dan minuman ringan serta hand sanitizer kepada traveler di boarding lounge keberangkatan domestik dan internasional.

Presiden  Direktur AP II Muhammad Awaluddin menuturkan kehadiran Bella di tengah traveler merupakan salah satu upaya perseroan untuk secara berkelanjutan menghadirkan pelayanan berbasis teknologi dan berkelas dunia.

Ada dua unit robot Bella yang dihadirkan di tengah periode angkutan Natal dan Tahun Baru. Satu unit robot diperkenalkan di Bandara Soekarno-Hatta, dan 1 unit lainnya  di Bandara Kualanamu. Kehadiran Bella  menjadi satu langkah maju bagi AP II mengimplementasikan teknologi robot dalam melayani traveler.

“Robot Bella kami harapkan juga dapat menghibur traveler di tengah peak season libur Natal dan Tahun Baru. Kehadiran robot Bella merupakan layanan khusus selama periode angkutan Nataru untuk menciptakan customer experiences yang baik, serta sekaligus sebagai  apresiasi dari AP II terhadap traveler,” ujar  Awaluddin.

Lebih lanjut,  Awaluddin menuturkan robot Bella menjadi bagian dari evolusi layanan yang tengah dicanangkan AP II di Bandara Soekarno-Hatta dan bandara-bandara perseroan lainnya.

Adapun operasional Bella dimonitor oleh PT Angkasa Pura Solusi (APS) yang merupakan anak usaha dari AP II.

Direktur Utama APS Dorma Manalu menuturkan robot Bella dapat beroperasi maksimal 6 – 8 jam per hari.

“Robot Bella dapat bergerak secara mandiri atau autonomous (otonom) dalam berkeliling menyapa traveler. Bella dilengkapi dengan sensor dan kamera 360 derajat untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan,” ujar Dorma Manalu.

Robot Bella  melengkapi jajaran robot yang telah dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta seperti robot pembersih lantai (robotic scrubber drier), baggage towing tractor, robot DiLo, serta transportasi publik yang juga dapat dioperasikan secara otonom, yakni Skytrain yang menghubungkan setiap terminal di bandara.

No Comments

    Leave a Reply