Promosi Doktor Raih Predikat Cum Laude, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Bambang Soesatyo

January 29, 2023

BRIEF.ID –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas prestasi Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet meraih predikat cum laude pada sidang terbuka Promosi  Doktor Bidang Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat.

Kepala Negara menilai   relevan secara akademik disertasi berjudul “Peranan dan Bentuk Hukum Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) sebagai Payung Hukum Pelaksanaan Pembangunan Berkesinambungan dalam Menghadapi Revolusi Industri 5.0 dan Indonesia Emas” yang dipertahankan Bamsoet di hadapan 10 penguji.

“Saya menyampaikan selamat atas dilaksanakannya sidang terbuka Promosi Doktor Bapak Bambang Soesatyo di Universitas Padjadjaran. Topik disertasi yang disampaikan tentang Peranan dan Bentuk Hukum Pokok-Pokok Haluan Negara ini memiliki relevansi secara akademik,” kata Presiden Jokowi, Sabtu (28/1/2023).

Sidang promosi Bamsoet dipimpin Rektor Universitas Padjadjaran Prof Rina Indiastuti, dengan anggota penguji terdiri atas Prof Huala Adolf (Guru Besar), Prof Ahmad M.Ramli (Promotor), Dr Ari Zulfikar (Co-Promotor), dan Prof I Gde Pantja Astawa (Guru Besar Hukum Tata Negara). Oponen ahli terdiri atas Menkumham Prof Yasonna H. Laoly, Menkopolhukam Prof Mahfud MD, Guru Besar Tata Negara Prof Yusril Ihza Mahendra, Dr Adrian E. Rompis, dan Dr Prita Amalia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama jajaran penguji pada sidang terbuka Promosi Doktor di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat.

Presiden Jokowi mengatakan topik disertasi Bamsoet akan berkontribusi dalam praktik ketatanegaraan di Indonesia. “Sekali lagi selamat untuk Bapak Bamsoet dan civitas akademika Universitas Padjadjaran,” kata Presiden Jokowi.

Ucapan selamat juga disampaikan  Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, yang telah menyelesaikan studi doktoral Bidang Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran Bandung.

“Saya mengucapkan selamat kepada Saudara Bambang Soesatyo atas Sidang Promosi Doktor Bidang Ilmu Hukum Universitas Padjajaran,” kata Wapres.

Ia  mengapresiasi gelar baru yang diraih Bambang  dan berharap disertasi itu  menjadi bekal atau referensi untuk menghadapi tantangan global dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Disertasi Saudara diharapkan dapat menjadi referensi esensial untuk mewujudkan visi Indonesia Emas, khususnya dalam merespons perubahan dan tantangan global yang membutuhkan sumbangan pemikiran dari beragam cabang keilmuan,” kata Wapres melalui video.

Wapres berharap raihan prestasi dan ilmu yang diperoleh semakin meningkatkan dedikasi dan pengabdian  dalam mengembangkan ilmu hukum di Tanah Air serta pembangunan bangsa dan negara.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menkumham Yasonna Laoly

Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti mengatakan Bambang Soesatyo meraih gelar itu dengan yudisium cum laude dengan  nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 4,0 dari perkuliahannya.

“Sesuai tradisi akademik, saudara berhak menggunakan gelar doktor, saya Rektor mengucapkan selamat dan juga kepada keluarga saudara dalam meraih gelar tertinggi,” kata Rina.

Bamsoet mengungkapkan, motivasi belajar ilmu hukum dilatarbelakangi pekerjaannya sebagai wartawan dan anggota DPR RI.

Di parlemen, Bamsoet pernah ditugaskan sebagai anggota Komisi III DPR RI yang membidangi Hukum, Keamanan, dan HAM, Ketua Komisi III DPR RI, pimpinan dan anggota Pansus, seperti RUU Pansus Angket Bank Century, Ketua DPR RI, yang berhasil mendorong revisi UU KPK dan UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme yang bertahun-tahun macet, serta meletakan dasar pembahasan RUU KUHP dan berbagai undang-undang lainnya yang mengalami kebuntuan.

“Hingga kini sebagai Ketua MPR RI yang banyak berhubungan dengan hukum, utamanya saat ini adalah hukum tata negara, menjadikan semangat saya semakin kuat dan tinggi, khususnya untuk menghadirkan perangkat hukum berupa PPHN agar pembangunan nasional bisa berjalan berkesinambungan, tidak serampangan apalagi mangkrak dan berhenti ditengah jalan,” ujar Bamsoet.

No Comments

    Leave a Reply