News

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Umumkan Tes Covid-19, Hasilnya Negatif

March 19, 2020

Jakarta – Presiden Joko Widodo melalui akun resmi miliknya di Instagram mengumumkan bahwa dirinya dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah menjalankan tes deteksi Covid-19 dan dinyatakan negatif.

“Empat hari yang lalu saya dan Ibu Iriana sudah melaksanakan tes deteksi Covid-19 dan hasilnya kemarin sudah disampaikan, alhamdulillah dinyatakan negatif,” demikian Presiden Jokowi dalam keterangannya yang diunggah di Instagram, Kamis (19/3/2020).

Dalam unggahan tersebut Presiden Jokowi mem-posting foto dirinya bersama Ibu Negara Iriana.

“Mari kita cegah bersama-sama penyebaran Covid-19, dengan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah di rumah.”

Selain mengumumkan hasil tes deteksi Covid-10, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada para dokter dan tenaga medis yang berada di garda terdepan merawat para pasien Covid-19.

” Atas nama masyarakat, bangsa dan negara, Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada para dokter, para perawat dan seluruh jajaran rumah sakit, yang sedang bekerja keras penuh dedikasi dalam melayani dan merawat para pasien yang terinfeksi Covid-19, semoga kita semua diberikan kesehatan yang prima.”

Dalam kesempatan lain, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah tengah mengupayakan dilakukannya rapid test (tes cepat) dengan cakupan yang lebih besar agar deteksi dini kemungkinan seseorang terpapar Covid-19 bisa dilakukan Indonesia.

“Saya telah memerintahkan agar alat rapid test ini diperbanyak, selain juga memperbanyak tempat-tempat untuk melakukan tes,” ujar Presiden Jokowi.

Pemerintah mengumumkan ada tambahan 82 orang positif Covid-19, per data 18 Maret pukul 12.00 WIB sampai 19 Maret pukul 12 WIB. Total pasien positif Covid-19 di Indonesia mencapai 309 orang. Adapun jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 15 orang dan 25 orang meninggal dunia.