News

Jokowi Minta Perbankan Fokus dalam Penyaluran KUR

March 20, 2020

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada perbankan untuk lebih insentif terhadap penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut untuk meningkatkan perekonomi Indonesia di tengah wabah virus corona atau COVID 19.

“Saya minta penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat), lebih diintensifkan lagi dan dieksekusi sebanyak-banyaknya,”ujar Jokowi di Jakarta, Jumat (20/03).

Jokowi juga meminta dukungan kepada seluruh asosiasi usaha, kelompok profesi, serikat pekerja, serikat buruh, himpunan nelayan dan petani, untuk bersama-sama bergotong-royong menghadapi tantangan ekonomi saat ini dan ke depan.

Sementara itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan bahwa dirinya berharap kepada Otoritas Jasa Keuangan untuk lebih fokus pada kebijakan stimulus ekonomi. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dan keringanan bagi kelompok-kelompok terdampak virus corona atau COVID 19, khususnya UMKM dan sektor informal.

“Saya telah mendapatkan laporan kemarin, OJK telah mengeluarkan kebijakan stimulus ekonomi bagi debitur, termasuk debitur UMKM yang terkena dampak dari Covid-19. Saya kira kebijakan restrukturisasi kredit maupun pembiayaan sangat bagus dan saya minta kebijakan stimulus ini bisa dievaluasi secara periodik untuk melihat kebutuhan-kebutuhan yang ada di lapangan.”