News

Ekonom World Bank, Berbagi Langkah Mengurangi Kemiskinan di Tengah Covid 19

March 22, 2020

Ekonom World Bank Vivi Alatas mengusulkan berbagai langkah yang dapat diterapkan oleh Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi kemiskinan di Tanah Air, yang disebabkan oleh penyebaran virus corona atau Covid 19.

“Yang paling kasihan orang miskin, penjual keliling yang kehilangan pembeli, warung samping sekolah yang sepi, toko kelontong . Pada saat yang sama mereka yang paling rentan terkena dampak karena tidak punya pilihan social distancing dan berkurangnya penghasilan dengan drastis . Pekerja pabrik yang dihadapkan pada pilihan yang terkadang bagaikan buah simalakama,” ujarnya.

Ia menjelaskan ada  beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh Pemerintah,  namun harus melihat mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan segera dan ketersediaan dana:

1. BLT, bantuan langsung tunai. Indonesia sudah punya pengalaman melakukan ini dan bisa dilakukan dengan cepat.

2. Mendorong orang -orang yang belum ikut BPJS  untuk ikut BPJS, bisa dengan memberikan insentif potongan beberapa bulan seharga premi kelas 3, dan ini nantinya bisa menaikan jumlah kepesertaan dan iuran yang terkumpul dari BPJS setelah badai ini sirna.

3. Bantuan Pangan Non Tunai ditambah jumlah beras yang didapat, juga ditambah untuk sabun , dan jika memungkinkan sejumlah kecil masker untuk emergency.

4. Listrik untuk 450 dan 900 VA digratiskan beberapa bulan

5. Pendapatan tidak kena pajak dinaikkan.

6. Pajak UMKM ditiadakan untuk beberapa bulan.