BRIEF.ID – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) meluncurkan empat inovasi baru di milad ke-4, yang jatuh pada 1 Februari 2025.
Peluncuran empat inovasi baru itu, dilakukan Direktur Utama (Dirut) BSI, Hery Gunardi, dalam acara Tasyakuran Milad ke-4 BSI yang mengusung tema “Agile & Innovative” di BSI Tower, Jakarta, Senin (3/2/2024).
“Pada momen istimewa milad ke-4 ini, BSI meluncurkan empat inovasi baru, yaitu platform transaction banking, platform Digital Carbon Tracking, mobil musala, dan mobil listrik untuk kendaraan operasional,” kata Hery.
Dia menjelaskan, inovasi platform transaction banking ditujukan bagi nasabah segmen wholesale. Inovasi ini sebagai wujud nyata komitmen Perseroan untuk memperkuat inklusi keuangan syariah di Tanah Air.
Sedangkjan inovasi platform Digital Carbon Tracking merupakan wujud nyata komitmen perseroan untuk menjalankan transformasi digital yang berkelanjutan dan sesuai dengan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).
“Digital Carbon Tracking merupakan platform untuk mengukur, mengelola, dan melaporkan emisi gas rumah kaca (GRK) yang dihasilkan dari kegiatan operasional BSI di kantor pusat dan 1.130 outlet di seluruh Indonesia,” ujar Hery.
Dirut BSI menyampaikan, perseroan juga aktif mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi rendah karbon melalui penerapan prinsip keberlanjutan dalam operasional dan pembiayaan.
Kemudian inovasi mobil musala, yang merupakan upaya BSI mendukung penyediaan fasilitas ibadah masyarakat secara mobile yang dapat digunakan oleh masyarakat, juga ditambah jumlah armadanya.
Pada perayaan milad ke-4 BSI tahun ini, ada penambahan 4 mobil musala, sehingga total saat ini terdapat 6 unit mobil musala. Adapun penempatannya direncanakan di Aceh, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.
Inovasi selanjutnya adalah mobil listrik untuk kendaraan operasional. Inovasi ini sebagai langkah aktif BSI mendukung pengurangan emisi karbon melalui implementasi Green Business Culture.
“BSI saat ini memiliki 139 kendaraan listrik (EV) untuk keperluan operasional di 10 region,” ujar Hery.
Dia mengungkapkan, BSI masih memiliki banyak mimpi besar dan cita-cita, yang telah dituangkan dalam visi dan strategi Corporate Plan 2026-2030, di mana BSI menetapkan target yang ambisius, termasuk melayani lebih dari 25 juta pelanggan.
Terkait dengan itu, dia mengajak seluruh insan BSI untuk bersinergi untuk memperkuat transformasi, yang akan mendorong BSI memiliki daya saing dan semakin diperhitungkan di panggung internasional.
“Melalui momentum milad ini, saya mengajak seluruh Insan BSI untuk terus semangat berinovasi, adaptif, dan tangguh menghadapi dinamika yang ada. Mari bersama-sama melangkah lebih jauh, menguatkan sinergi, dan memberikan yang terbaik bagi BSI, umat, dan bangsa Indonesia,” tutur Hery.