Pembukaan Penerbangan Bangalore-Denpasar, Sandi: Bali Destinasi Primadona

March 30, 2024

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut positif penerbangan  langsung IndiGo Airlines rute Bangalore – Denpasar, yang dimulai pada 29 Maret 2024.  

“Penambahan penerbangan langsung ini menjadi stimulus bagi kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2024. Pasca pandemi, Bali jadi destinasi primadona ,” kata Sandi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Ia mengatakan, pasca pandemi dan berangsur pulihnya kondisi pariwisata global membuat Bali  menjadi salah satu destinasi primadona bagi wisatawan mancanegara (wisman) asal India.

India, kata Sandi, telah menempati peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali terbanyak setelah Australia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah kunjungan wisatawan India pada tahun 2023 mencapai 440.415 kunjungan.

Sementara itu, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Dessy Ruhati yang hadir pada seremoni penerbangan IndiGo Airlines rute Bangalore – Denpasar, mengungkaokan  menjadi kabar baik bagi konektivitas langsung dari India ke Pulau Dewata.

Selain unggul menempati peringkat kedua kunjungan wisman di Bali, India juga menempati peringkat enam kunjungan wisman ke Indonesia secara keseluruhan, dengan 606.439 kunjungan pada tahun 2023.

“Adanya kemudahan konektivitas ini tentunya senantiasa kami dukung secara berkelanjutan, sehingga dapat terus bertambah kedepannya,” kata Dessy.

Bangalore merupakan kota dengan populasi penduduk ke-3 terbesar di India, yang telah berkembang menjadi “Silicon Valley of India” atau pusat industri teknologi, di mana terdapat populasi perusahaan  bergerak di bidang teknologi terbanyak di negara itu.

“Adanya rute penerbangan langsung dari Bangalore ke Denpasar  diharapkan dapat menyumbangkan lebih banyak kedatangan wisman ke Indonesia, khususnya untuk segmen MICE,” kata Dessy.

Penerbangan perdana IndiGo Airlines rute Bangalore (BLR) – Denpasar (DPS) dijadwalkan mulai beroperasi pada 29 Maret 2024 dengan kapasitas 186 penumpang.

Pesawat Airbus A320 Neo bernomor 6E1605 berangkat dari Bangalore pukul 00.50 IST (waktu India) dan tiba di Denpasar (DPS) pada pukul 10.20 WITA dengan durasi 7 jam. Rute Bangalore – Denpasar akan terbang harian dengan frekuensi satu hari sekali.

Kemenparekraf  mendukung rangkaian acara penerbangan perdana IndiGo Airlines ini pada Jumat, 29 Maret 2024 di Terminal Kedatangan Internasional, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Penyambutan dilakukan dengan membagikan cinderamata Wonderful Indonesia kepada para penumpang penerbangan tersebut.

Dinas Pariwisata Provinsi Bali turut berkolaborasi dalam prosesi penyambutan kedatangan penumpang dari Bangalore dengan menghadirkan tarian tradisional Bali ‘Sekar Jagat’ serta sepasang Duta Pariwisata Provinsi Bali.

No Comments

    Leave a Reply