Airlangga Optimistis Golkar Dapat Jatah 5 Kursi Menteri

March 30, 2024

BRIEF.ID –  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis  Golkar akan mendapat jatah setidaknya 5 kursi menteri di kabinet, pada pemerintahan Prabowo Subianto mendatang.

“Saya sampaikan kepada Pak Prabowo soal kontribusi Golkar karena kami menang di 15 provinsi. Itu berarti kami kontribusi 25% dari kemenangan 58%,” kata Airlangga usai Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Ramadan 1445 Hijriah di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Acara peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Ramadan 1445 Hijriah, juga dihadiri Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka, dan para elite partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Namun, Airlangga  mengaku, belum membahas kursi menteri dengan  Prabowo, karena masih menunggu kepastian perolehan suara kursi DPR RI.

“Jadi, kami belum membahas kursi-kursi menteri karena masih menunggu juga kursi DPR,” kata dia.

Ia memprediksi  Partai Golkar akan mendapat 102 kursi di parlemen. Dan, saat ini, partai berlambang pohon beringin itu  masih menunggu penyelesaian gugatan hasil Pemilu Anggota Legislatif (Pileg) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Selain itu, kata Airlangga,  akan ada pembicaraan yang lebih spesifik antara Prabowo dan parpol Koalisi Indonesia Maju perihal nomenklatur kementerian untuk kabinet mendatang.

“Tentu, nanti akan ada pembicaraan (nomenklatur). Namun, belum, belum ada yang spesifik. Partai Golkar akan mendukung penuh pemerintahan Prabowo-Gibran, jika nantinya dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024–2029,” kata Airlangga.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada Rabu (20/3/2024) malam, menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu 2024 dengan total raihan 96.214.691 suara.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menyusul di posisi kedua dengan memperoleh 40.971.906 suara dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi ketiga dengan 27.040.878 suara.

No Comments

    Leave a Reply