Jajak Pendapat Nusantara Strategic Network, Mayoritas Warga DKI Puas Kinerja Heru Budi Hartono

March 16, 2023

BRIEF.ID – Hasil jajak pendapat yang dilakukan  Nusantara Strategic Network (NSN) menunjukkan tingginya tingkat kepuasan publik atas kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, yang  mencapai 64,5%.

“Sebanyak 64,5% publik Ibu Kota merasa puas atas kinerja Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono,” kata  Direktur Program NSN Riandi  di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Ia mengatakan, berdasarkan  jajak pendapat, hanya 23,8%  yang merasa tidak puas dan sisanya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab 11,7%.

Disebutkan, kepemimpinan Pj Heru Budi dinilai memberi harapan dan optimisme bagi warga Jakarta.

Sejumlah gebrakan Heru menjadi faktor di balik tingginya tingkat kepuasan publik. Begitu dilantik, Heru membuka kembali layanan pengaduan secara langsung di Balai Kota.

“Pengaduan langsung merupakan simbol transparansi birokrasi, dengan tidak menutup layanan daring melalui aplikasi JAKI,” jelas Riandi.

Gebrakan lainnya, kata dia,  terkait  masalah utama Ibu Kota yang juga menjadi perhatian Presiden Jokowi, yaitu kemacetan lalu-lintas, pengendalian banjir, dan persoalan tata ruang. Heru bersinergi dengan Menteri BUMN dalam hal layanan transportasi umum.

Sedangkan dalam penanggulangan banjir, Heru melakukan blusukan untuk melihat langsung kesiapan aparatur dan peralatan yang ada.

“Puncaknya, Presiden Jokowi memberi pujian khusus atas keberhasilan Heru menuntaskan pembebasan lahan untuk proyek sodetan Ciliwung, bagian dari normalisasi,” kata dia.

Selain konsolidasi internal birokrasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  dan pusat, Heru juga merangkul tokoh-tokoh dan organisasi kemasyarakatan.

“Meskipun demikian tentu saja banyak hal yang harus menjadi perhatian Heru, khususnya masalah klasik kemacetan dan banjir,” ujar Riandi.

Jajak pendapat  dilakukan Nusantara Strategic Network (NSN)  pada 21-28 Februari 2023 dengan melibatkan 400 responden yang mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta. Metode survei adalah multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 4,9 %, pada tingkat kepercayaan 95%. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply