Takjil Segar Cocok untuk Berbuka Puasa

March 25, 2023

BRIEF.ID – Takjil identik dengan jajanan pembuka saat berbuka puasa. Biasanya takjil  berupa makanan atau minuman yang manis dan segar, yang selalu disiapkan di atas meja bersama  menu buka puasa lainnya.

Tapi tahukah Anda, ternyata kata takjil memiliki arti untuk  menyegerakan berbuka puasa saat waktunya tiba. Namun, karena sering digunakan untuk makanan pembuka saat puasa,  takjil lebih akrab  dengan makanan atau minuman pembuka.

Menu takjil buka puasa sangat beragam dan masing-masing daerah memiliki menu takjil khasnya. Nah, supaya kamu gak bingung, berikut  rekomendasi menu takjil segar untuk berbuka puasa.

1. Es kelapa muda

Es Kelapa Muda

Es kelapa muda merupakan takjil yang jadi pilihan favorit untuk berbuka puasa. Rasanya manis, segar dan juga baik untuk kesehatan lho karena dapat menjaga ion dalam tubuh, mengganti cairan tubuh yang kurang selama puasa, serta dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai gangguan kesehatan seperti badan lemas tekanan darah rendah dan lainnya.

2. Es Cendol

Es Cendol

Es cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras yang diberi warna hijau, disajikan dengan es diparut serta gula merah cair dan juga santan. Minuman ini rasanya manis dan gurih. Es Cendol di daerah Jawa Tengah dikenal dengan es dawet. Siapa yang suka membeli es cendol untuk hidangan berbuka mu?

3. Es Timun Suri

Es Timun Suri

Selanjutnya ada buah yang hanya muncul di bulan puasa, buah ini sangat diminati warga untuk dihidangkan sebagai bahan untuk minuman berbuka puasa yaitu Es Timun Suri. Rasanya yang menyegarkan, sangat cocok untuk menghilangkan haus setelah seharian berpuasa. Timun suri dapat dicampur sirup atau bisa juga ditambahkan susu kental manis. Sungguh segar bukan?

4.Sop Buah

Sop Buah

Lanjut takjil yang berisikan buah-buahan yaitu Sop Buah. Sop buah merupakan campuran beberapa jenis buah dari yang manis hingga asam, ditambahkan dengan susu, sirup, dan es batu. Perpaduan buah, susu dan sirup serta dihidangkan dengan es batu membuat sop buah terasa manis dan juga segar. Tidak heran bila sop buah sering dijadikan menu takjil untuk buka puasa.

5.Buko Pandan

Buko Pandan

Buko Pandan merupakan takjil segar yang terbuat dari campuran kelapa muda, susu kental manis, krim, keju, agar, pandan, dan mutiara sagu. Asal takjil yang satu ini berasal dari negara Filipina lho. Buko pandan sendiri memiliki arti “kelapa muda.” Kreasi es kelapa muda aroma pandan dengan kuah susu keju ini terasa sangat menyegarkan terlebih jika dihidangkan dalam keadaan dingin, sangat cocok untuk menghilangkan dahaga setelah berbuka puasa.

Itu dia rekomendasi takjil segar yang dapat kamu hidangkan saat berbuka puasa nanti semoga bermanfaat! (Renata Ajeng)

No Comments

    Leave a Reply