Simulasi Surat Suara Pilpres Hanya Berisi Dua Kolom Paslon, Mahfud Ajukan Komplen Kepada Ketua KPU

January 3, 2024

BRIEF.ID  – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3, Mahfud MD, mengungkapkan telah mengajukan komplen kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari  terkait  simulasi surat suara Pilpres 2024 di sejumlah daerah,  yang  hanya berisi 2 Kolom Pasangan Calon (Paslon).

“Pak Hasyim, Ketua KPU sudah saya komplen tentang hal ini, dan dia bilang itu hanya simulasi dari IPB, dan akan dikoreksi. Akan diperbaiki,” kata Mahfud,  usai menghadiri rapat konsolidasi TPN Ganjar-Mahfud di Gedung High End, Jakarta, Rabu (3/1/2023).

Mahfud mengatakan, simulasi surat suara untuk Pilpres 2024 seharusnya berisi minimal 4 Paslon. Jika tidak,  kolom untuk paslon 1, 2, dan 3 harus ada di setiap lembaran suara.

“Seharusnya minimal 4 kolom, kalau tidak 1, 2, dan 3 sesuai paslon. Ini sudah ada pernyataan resmi dari Pak Hasyim,” ungkap Mahfud.

Dia menambahkan, apa pun alasannya KPU telah merugikan Paslon Nomor Urut 3, mengingat pada Pilpres 2024 ada 3 Paslon yang berkontestasi.

“Ya, makanya saya bilang kepada  Ketua KPU harus diperbaiki,” ujar Mahfud.

Seperti diketahui, terdapat temuan  TPN Ganjar-Mahfud terkait surat suara Pilpres yang hanya menyertakan 2 kolom paslon di sejumlah daerah, antara lain di Solo (Jawa Tengah) dan Banten.

Di Solo, kertas suara untuk simulasi Pilpres hanya  menampilkan gambar 2 Paslon, yakni Paslon 1 dan Paslon 2. DPC PDI Perjuangan  Solo telah memprotes hal ini.

Sementara itu, Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menyampaikan bahwa surat suara untuk simulasi Pilpres yang hanya menyertakan 2 Paslon, semakin menambah keraguan atas kredibilitas KPU RI sebagai penyelenggara Pemilu.

“Saya yakin orang awam pun cerdas, sangat tahu bahwa aneh simulasi semacam ini. Dalam hati saya bertanya, apakah kita masih punya confident terhadap profesionalitas KPU  melakukan simulasi,  mengadministrasi, dan mengelola Pemilu ini,” tutur Todung.

No Comments

    Leave a Reply