Ketua Tim Kewirausahaan Persatuan Emirat Arab Tertarik Berinvestasi di IKN

January 6, 2024

BRIEF.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bertemu  Ketua Tim Kewirausahaan dan Pendidik Persatuan Emirat Arab  Adil Alzarooni di Citizen School Dubai, Al Satwa, Dubai, Persatuan  Emirat Arab (PEA),  pada Jumat (5/1/2024).

Pada kesempatan itu,  Sandiaga  menawarkan sejumlah peluang investasi strategis di 8 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, seperti KEK Mandalika di Lombok Tengah, KEK Tanjung Kelayang di Belitung, KEK Likupang di Minahasa Utara, KEK Tanjung Lesung di Pandeglang, KEK Nongsa di Batam, KEK Lido di Bogor, KEK Singhasari di Malang, dan KEK Morotai di Kepulauan Morotai.

Selain itu, Sandiaga juga menawarkan investasi di 5 Destinasi Super Prioritas, antara lain Borobudur (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara), Likupang (Sulawesi Utara), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).

“Dalam pertemuan, kami juga menawarkan kepada Adil Alzarooni untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk Proyek Investasi Siap Ditawarkan (IPRO) di Aceh dan Bali,” kata Sandiaga melalui keterangan tertulis, pada Sabtu (6/1/2024).

Ia mengatakan, tawaran investasi  disampaikannya  mengingat jumlah kunjungan wisatawan dari PEA ke Indonesia terus meningkat.

Data realisasi investasi sektor pariwisata dari PEA ke Indonesia pada tahun 2023 mencapai US$ 3,1 juta atau  naik sebesar 429% dibandingkan tahun 2022.

“Yang dibutuhkan Indonesia bukan hanya investasi,  juga menciptakan ekosistem investasi yang baik, khususnya dengan pihak swasta. Karena itu kami terus mendorong keterlibatan pihak swasta lewat Public Private Partnership (PPP) dalam percepatan pembangunan,” kata  Sandiaga.

Tawaran yang disampaikan Sandiaga disambut baik  Adil Alzarooni,  yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang manajemen eksekutif, investasi, penjualan, logistik, keamanan TI, dan pengembangan zona ekonomi.

“Tawaran ini sangat menarik, dan saya tidak sabar untuk segera merealisasikan.  Kami siap membantu untuk menciptakan private sector, khususnya di KEK. Doakan saya segera ke Indonesia,” kata Adil Alzarooni.

No Comments

    Leave a Reply