Ganjar Ngopi Santai Bareng  Supir Truk di Terminal Bus Kota Limpung

January 17, 2024

BRIEF.ID – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo bertemu sambil ngopi santai bersama para supir truk di  Terminal Bus Kota Limpung, Batang, Jawa Tengah, Rabu (17/1/2024).

Dalam pertemuan itu, Ganjar dan para supir terlibat diskusi terkait pungli hingga truk ODOL (over dimension over load) atau kendaraan yang mengangkut muatan melebihi batas beban.

Kepada Ganjar, para supir truk menyampaikan terima kasih karena pungli di kawasan Jembatan Lima  berhasil diberantas.

“Ini dulu ada kejadian luar biasa, pungli di Jembatan Lima yang sempat viral, akhirnya kami tangani dan pengemudi truk sampaikan bahwa sekarang pungli sudah tidak ada lagi. Jadi mereka berterima kasih,” kata Ganjar.

Meski demikian, para supir truk masih mengeluhkan  praktik pungli di beberapa titik yang dilalui, di luar Jembatan Lima. Mereka menyebut per hari harus menyiapkan sekitar Rp300.000  karena ada sekitar 6 titik pungli.

“Tadi,  ada yang menyampaikan semoga pungli bisa ditiadakan di seluruh Indonesia, karena mereka harus menyiapkan sekitar Rp300.000  di tempat lain. Makanya, saya sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan, dengarkanlah keluhan ini, Penegak hukum untuk memperhatikan supaya selain di Jembatan Lima,  di wilayah lain juga diatasi punglinya agar tidak memberatkan para pengemudi truk,” tutur Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga membahas tentang kepatuhan pengemudi  membawa muatan yang sesuai kapasitas alias tidak ODOL. Hal itu, bukan hanya untuk keselamatan pengemudi dan masyarakat,  juga untuk menjaga daya dukung jalan.

“Saya sampaikan juga jangan ODOL muatannya  supaya mereka juga selamat di jalan dan jalannya juga tidak cepat rusak. Kapasitas harus sesuai tidak boleh lebih. Karena kita pengguna jalan juga harus memikirkan daya dukung jalan,” ujar Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga meminta para supir untuk tak lupa menjaga stamina dan tidak memaksakan membawa kendaraan tanpa beristirahat. Menurut pengakuan para supir, rata-rata mereka mengendarai truk tanpa henti selama 8 jam.

“Mereka nyupir sekitar 8 jam gaspol terus. Saya ingatkan harus dipikirkan untuk kesehatan juga, jadi harus istirahat setiap 4 jam. Tadi kami ngobrol santai sambil ngopi,” ujar Ganjar.

No Comments

    Leave a Reply