Tema Debat Ketiga Pertahanan dan Keamanan, Ganjar: Oh, Saya Sangat Optimistis Siap

December 30, 2023

BRIEF.ID –  Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, optimistis dapat tampil maksimal pada debat ketiga Capres,  yang mengangkat tema Pertahanan dan Keamanan (Hankam), serta Hubungan Internasional dan Geopolitik, pada 7 Januari 2024.

Ganjar mengaku sudah melakukan persiapan matang, meskipun diakuinya  isu itu menjadi pekerjaan sehari-hari  Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto.

“Kita ketemu dengan tim terus-menerus. Jadi banyak sekali masukan, bukan hanya persoalan pertahanan dan keamanan,  juga problem alutista, organisasi dunia yang diikuti Indonesia, bahkan relasi ekonomi,” ujar  Ganjar di sela kunjungannya di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (30/12/2023).

Ganjar mengaku mendapat banyak masukan dari rekan-rekan di Komisi I DPR RI terkait berbagai persoalan pertahanan dan keamanan (Hankam), hubungan internasional, dan geopolitik.

Selain itu, Ganjar juga mempelajari posisi Indonesia di organisasi dunia, seperti ASEAN, PBB, G20, APEC, dan G7. Di samping  relasi ekonomi, ada juga masalah perbatasan, konflik geopolitik, dan masalah pengungsi.

“Jadi banyak sekali temanya dan sudah disiapkan. Insya Allah, saya siap,” ujar Ganjar.

Saat ditanya apakah optimistis dapat berdebat dengan Prabowo karena tema debat ketiga dinilai sangat dikuasai Prabowo, Ganjar menjawab dengan tegas bahwa dia sangat optimistis.

“Oh saya sangat optimis, kalau soal menguasai debat nati kita lihat karena tidak hanya berbicara pertahanan, tapi ada tema lainnya. Bicara soal pertahanan, kalau belinya pesawat bekas, enggak ada itu!” kata Ganjar.

No Comments

    Leave a Reply