Presiden Bertolak ke Jepang, Hadiri Rangkaian KTT

December 16, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Tokyo, Jepang untuk kunjungan kerja selama 3 hari, pada 16-19 Desember 2023. Rencananya, Presiden akan menghadiri serangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) terkait hubungan ASEAN dan Jepang.

“Hari ini, saya bersama rombongan terbatas, melakukan kunjungan kerja ke Jepang,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

Presiden Jokowi mengungkapkan, Jepang adalah mitra penting dan strategis bagi Indonesia.

“Dan, Jepang merupakan mitra penting dan mitra strategis bagi ASEAN,” kata dia.

Disebutkan, 3 acara utama yang akan dihadiri di Tokyo adalah pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

“Bersama PM Kishida, saya akan memimpin KTT ASEAN-Jepang serta menghadiri KTT Asia Zero Emission Community (AZEC),” ujarnya.

Presiden Jokowi mengatakan, pada pertemuan dengan PM Kishida akan dibahas kerja sama ekonomi, infrastruktur, transisi energi, mineral kritis, dan maritim.

Selain itu, lanjutnya, bersama PM Kishida akan memimpin KTT Perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang bertema “Golden Friendship, Golden Opportunity.”

KTT ini juga akan membahas penguatan kemitraan ASEAN-Jepang yang berorientasi masa depan, antara lain melalui ekonomi hijau, percepatan transformasi digital, dan juga implementasi dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP).

“Saya juga akan menghadiri KTT AZEC yang pertama setelah diluncurkan di sela KTT G20 di Bali,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply