Jokowi Tegaskan Komitmen Indonesia Terus Lakukan Diplomasi Kemanusiaan

February 21, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Pemerintah Indonesia akan terus melakukan membantu negara-negara sahabat yang mengalami bencana sebagai bagian dari diplomasi kemanusiaan.

Diplomasi kemanusiaan yang dilakukan saat ini adalah mengirimkan empat unit pesawat berisi 140 ton bahan makanan dan bahan logistik lainnya ke Turki dan Suriah

“Diplomasi kemanusiaan terus-menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia. Dan pada pagi hari ini, kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan di sana,” kata Presiden Jokowi saat melepas bantuan untuk korban gempa yang akan dikirim  ke Turki dan Suriah di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023)..

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers mengenai bantuan kemanusiaan Indonesia ke Turki dan Suriah.

Mendampingi Presiden Jokowi, antara lain  Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Menlu Retno Marsudi,  Seskab Pramono Anung, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Kepala Negara mengatakan, sebelumnya Pemerintah Indonesia  telah mengirim tim SAR, tim medis, dan  rumah sakit lapangan yang sangat membantu. Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Indonesia telah mengirim  pesawat Hercules yang sangat membantu awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa  di Turki maupun  di Suriah.

“Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply