Hadiri KTT AZEC di Jepang, Presiden Jokowi Angkat Isu Kolaborasi Inklusif Zero Emission

December 16, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah Indonesia akan mengedepankan semangat kolaborasi inklusif pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Zero Emission Community (AZEC), yang akan digelar di Tokyo, Jepang.

Presiden Jokowi didampingi rombongan terbatas, bertolak ke Tokyo untuk menghadiri rangkaian pertemuan tingkat tinggi di Negeri Mahahari Terbit itu.

“Saya juga akan menghadiri KTT AZEC yang pertama, setelah diluncurkan di sela-sela KTT G20 di Bali yang lalu,” kata dia saat memberikan keterangan pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

Ia mengatakan sebagai co-inisiator AZEC, Indonesia akan mengedepankan semangat kolaborasi yang inklusif untuk mewujudkan kawasan bebas emisi.

“KTT ini akan dihadiri oleh Jepang sebagai co-inisiator, Australia, serta negara-negara anggota ASEAN,” ujarnya.

Selain menghadiri KTT AZEC, Presiden Jokowi juga akan  mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida untuk  kerja sama ekonomi, infrastruktur, transisi energi, mineral kritis, dan maritim.

Selain itu, lanjutnya, bersama  PM Kishida akan memimpin KTT Perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang bertema “Golden Friendship, Golden Opportunity.”

KTT ini juga akan membahas penguatan kemitraan ASEAN-Jepang yang berorientasi masa depan, antara lain melalui ekonomi hijau, percepatan transformasi digital, dan juga implementasi dari ASEAN Outlook  on the Indo-Pacific (AOIP).

No Comments

    Leave a Reply