Indonesia – Persatuan Emirat Arab Tingkatkan Kerja Sama Sektor Migas

December 2, 2023

BRIEF.ID – Pemerintah Republik Indonesia dan Persatuan Emirat Arab (PEA) membahas langkah-langkah konkret peningkatan kerja sama di sektor minyak dan gas (migas).

Pembahasan itu dilakukan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan empat mata dengan Presiden Persatuan Emirat Arab  Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Leadership Paviliun, Expo City Dubai,  Jumat (1/12/2023).

Pada kesempatan itu, Presiden secara menyampaikan apresiasi kepada Presiden MBZ atas terselenggaranya COP28 dibawah presidensi PEA.

“Selamat atas terselenggaranya COP28. Indonesia siap mendukung terobosan yang diinisiasi Presidensi PEA untuk mengatasi perubahan iklim, khususnya bagi negara berkembang,” ucap Presiden.

Kedua pemimpin negara juga membahas soal peningkatan kerja sama di berbagai bidang, salah satu di antaranya adalah migas yang merupakan impor terbesar Indonesia dari PEA.

“Indonesia berharap PEA dapat memberikan harga minyak yang lebih kompetitif bagi Indonesia,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi dan Presiden MBZ juga membahas terkait investasi strategis Indonesia-PEA. Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas dukungan PEA dalam proyek PLTS 145 MW di Cirata, Jawa Barat, dan berharap dukungan serupa untuk merealisasikan sejumlah proyek strategis lainnya di Tanah Air.

Selain itu, Presiden Jokowi dan Presiden MBZ turut membahas kerja sama di bidang meteorologi dan geofisika. Indonesia mengharapkan dukungan PEA untuk meningkatkan teknologi early warning system sebagai antisipasi gempa dan tsunami.

“Saya juga menyambut baik disepakatinya MoU antara BMKG dan Pusat Nasional Meteorologi PEA,” ujar Presiden.

Terkait kerja sama di bidang ketenagakerjaan, Presiden Jokowi menyebut bahwa Indonesia menyatakan komitmennya untuk mengirim tenaga profesional, terdidik, dan terlatih ke PEA. Oleh karena itu, Presiden minta agar pemerintah PEA dapat memberikan jaminan perlindungan bagi para pekerja migran Indonesia (PMI).

“Dan akses PMI dibuka lebih luas, khususnya di sektor keuangan, energi terbarukan, dan industri pertahanan,” tutur Presiden.

No Comments

    Leave a Reply