Pilpres 2024, Kiai dan Santri se-Mataraman Deklarasi Menangkan Pasangan Ganjar Pranowo -Mahfud MD

December 2, 2023

BRIEF.ID – Para kiai dan santri Mataraman yang tergabung di dalam Kyai Santri Bersama Mahfud (KSBM), mendeklarasi siap mengawal dan memenangkan pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3 berkontestasi pada Pilpres 2024.

Mahfud bersyukur mendapatkan dukungan politik dari masyarakat yang notaene adalah para kiai dan ulama se-Jawa Timur. Mereka hadir dari beberapa daerah, termasuk di antaranya adalah dari Trenggalek, Kediri, Blitar, Tulungagung, Madiun, Ngawi, Pacitan, dan Nganjuk.

“Ini ada silaturrahim dan deklarasi. Karena musim pemilu ya deklarasi, its oke,” kata Mahfud di Ponpes Sulaiman Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (2/12/2023).

Mahfud tetap ingin menekankan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan. Sementara soal pilihan politik, ia tak ingin memaksakan kehendak rakyat.

“Yang diharapkan rakyat adalah tetap rukun menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pilih sesuai bisikan nurani dan keyakinannya, apa yang baik bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Ia mengaku dipercaya partai koalisi untuk menjadi Cawapres mendampingi Ganjar Pranowo. Hanya saja ia mempersilakan masyarakat menilai sendiri apakah dirinya pantas menjadi pemimpin Indonesia ke depan atau tidak.

“Silahkan dinilai sesuai objektivitas yang benar, kalau tidak ya tidak usah,” tandasnya.

Melalui kesempatan silaturrahmi dan deklarasi, kalangan tokoh nasional asal Madura, Jawa Timur berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

“Saya harap dengan ini semau kiai dan santri tetap rukun membawa semangat kepesantrenan yang penuh kejujuran, kerukunan dan membangun masyarakat menjadi lebih taqwa dan baik, cinta pada bangaa dan republik negaranya,” tuturnya.

Ia juga berharap agar para ulama dan santri saling menjaga satu sama lain terharap potensi kecurangan pihak tertentu dengan tekanan-tekanan sosial politiknya.

“Mudah-mudahan semua mendorong agar para santri ikut pemilu dengan bebas dan melindungi para santri dan masyarakat atas tekanan-tekanan politik yang tidak sehat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Mahfud menekankan bahwa potensi tentang adanya tekanan-tekanan seperti itu masih sangat besar terjadi. Sehingga kewaspadaan di kalangan masyarakat patut ditingkatkan.

“Bagaimanapun isu itu ada, tekanan politik dari aparat dan pemerintah nggak usah dilawan, nggak ada gunanya dilawan, diiyakan aja, nanti pas pencoblosan tinggal pilih sesuai keyakinan dan sesuai dengan tuntunan,” sambung Mahfud.

Para kiai dan santri se-Mataraman hadir menyatakan dukungan kepada duet Ganjar-Mahfud, terdiri atas para kiai dan santri berasal dari Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Blitar, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung.

Berikut Isi Deklarasi Kiai Santri Bersama Mahfud (KSBM),

Bismillahirrhmaanirrahim,

Asyhadu anlaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadarrasulullah

Radhitubullahi rabba wabil islami diina, wabi muhammadinnabiyya warrashua.

  1. Kami kiai santri dan seluruh masyarakat se-Mataraman, berkomitmen untuk keutuhan NKRI dan Pancasila.
  2. Kami kiai, santri, dan seluruh masyarakat se- Mataraman, siap mengawal, mendukung, dan menyukseskan H. Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD sebagai presiden dan wakil presiden, periode 2024-2029.

Laa haula walaa quwwata illabillahil ‘aliyyil adzim.

No Comments

    Leave a Reply