Hasil Survei Beragam, Ganjar Lebih Percaya Interaksi Langsung  dengan Rakyat

December 29, 2023

BRIEF.ID – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mengatakan lebih percaya interaksi langsung dengan masyarakat, daripada memperhatikan hasil riset lembaga survei yang berbeda-beda terkait elektabilitas pasangan Capres-Cawapres pada Pilpres  2024. 

Ganjar menyatakan terdapat sejumlah  kejanggalan pada hasil riset  beberapa lembaga survei, saat dilakukan perbandingan oleh Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

“Karena beberapa survei yang muncul kita perbandingkan, waktunya sama kok, hasilnya beda. Kita punya survei sendiri,” ungkap Ganjar, dalam kampanye di Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023).

Menurut dia, pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar-Mahfud  memutuskan untuk terus bergerak, berinteraksi langsung dengan rakyat, dan menyosialisasikan 21 program Unggulan, ketimbang memikirkan hasil riset lembaga survei yang terus berubah.

Bagi Ganjar dan Mahfud, lanjutnya, interaksi langsung dengan rakyat, secara psikologis  menghadirkan  rasa percaya terkait  akan ke mana suara rakyat diberikan saat Pilpres, yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

“Itu sebabnya saya turun terus-menerus dan langsung bertemu masyarakat, karena kalau saya melihat sambutan masyarakat yang ramai begini, dan saya bisa berdialog langsung, rasanya kondisi psikologisnya bisa saya rasakan, akan kemana riil  suara yang terjadi,” tutur capres berambut putih itu.

Lolos Putaran Kedua

Ganjar  optimistis pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 3 akan lolos ke putaran kedua Pilpres 2024, sesuai hasil  rekapitulasi  riset berbagai lembaga survei.

Seperti diketahui, survei terbaru Alvara Research menyebut tak ada pasangan capres-cawapres yang dominan meraih dukungan suara, sehingga Pilpres 2024 akan digelar 2 putaran

Alvara Research juga memprediksi pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo-Gibran dan Capres-Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar-Mahfud yang akan lolos ke putaran kedua Pilpres 2024.

Pasangan Ganjar-Mahfud menunjukkan kekuatannya dengan tetap menduduki urutan kedua dalam hasil survei terbaru Alvara Research, dengan perolehan suara 26.4%.

Posisi paslon Nomor 3 ini secara signifikan unggul dari pasangan Anies-Muhaimin yang hanya memperoleh 21.3% suara. Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran ada di urutan pertama dengan 46% suara.

Sebelumnya, beberapa survei yang beredar sempat menempatkan Paslon 1 di atas Paslon 3, namun umumnya memiliki kredibilitas yang meragukan.

Sementara itu, kredibilitas Alvara research sebagai lembaga survei telah diakui dan meyakinkan para pendukung Ganjar-Mahfud tentang potensi elektabilitas Ganjar-Mahfud yang secara substansial melampaui Anies-Muhaimin.

No Comments

    Leave a Reply