BI: Pembiayaan Korporasi November 2023 Terindikasi Tumbuh Positif

December 20, 2023

BRIEF.ID – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa pembiayaan korporasi pada November 2023 terindikasi tumbuh positif, yang  tercermin pada Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 14,9%.

“Pertumbuhan kebutuhan pembiayaan korporasi tersebut terutama didorong oleh peningkatan kebutuhan pada sektor Konstruksi,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Erwin mengatakan,  sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri, diikuti pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik, pinjaman/utang dari perusahaan induk, serta pembiayaan dari perbankan dalam negeri.

Sementara itu, penyaluran kredit baru oleh perbankan pada November 2023 juga terindikasi tumbuh positif dengan SBT sebesar 70,4%.

“Faktor utama yang mempengaruhi penyaluran kredit baru,  antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain,” kata dia.

Secara keseluruhan untuk triwulan IV-2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan juga diprakirakan tetap tumbuh.

Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru pada November 2023 terindikasi sedikit lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya, dengan mayoritas pembiayaan berasal dari bank umum. Selain perbankan, sumber pembiayaan yang menjadi preferensi rumah tangga antara lain koperasi dan leasing.

No Comments

    Leave a Reply