Jalan Tol IKN Beropersi Juni 2024

November 1, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur akan beropersi pada Juni 2024.

“Saat ini, progres pengerjaan jalan tol   hampir 55%. Jalan tol diharapkan  di bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai,” kata Presiden Jokowi saat meninjau  progres pembangunan jalan tol yang  menghubungkan Balikpapan ke kawasan IKN, pada Rabu (1/1/2023). 

Presiden Jokowi menyatakan,  pembangunan jalan tol yang membentang sepanjang 55 km akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN, dari  2,50 jam menjadi  50 menit.

“Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 km sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara,” ujar Presiden.

Selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya seperti tempat istirahat. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

“Kanan kirinya ini memang ingin kita buat sehijau mungkin sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan yang kita harapkan nanti kanan-kiri jalan tol ini semuanya green, hijau semuanya, dan kita sudah siapkan 60 ribu batang pohon untuk jalan tol ini saja,” jelasnya.

Hadir pada kesempatan itu,  Menko  Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

No Comments

    Leave a Reply