Pertemuan Pertama Para Pemimpin ASEAN dan Negara Teluk

October 20, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-GCC (Gulf Cooperation Council)  di Hotel Ritz Carlton, Riyadh, pada hari ketiga kunjungannya di Arab Saudi, Jumat (20/10/2023). 

Kedatangan  Kepala Negara di lokasi acara disambut langsung oleh Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman Al-Saud. Kepala Negara bersama PM Mohammed bin Salman Al-Saud dan para pemimpin negara yang hadir dalam KTT ASEAN-GCC melakukan sesi foto bersama. Tampak Presiden Jokowi berdiri di sebelah kanan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Usai foto bersama, Presiden Jokowi dan para pemimpin negara lainnya menuju ruang sidang untuk memulai kegiatan KTT ASEAN-GCC. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 menyambut baik momentum bersejarah pertemuan pertama ASEAN dengan para pemimpin negara teluk.

“Serta terima kasih atas sambutan dan keramahtamahan dari Kerajaan Arab Saudi,” ujar Presiden.

Presiden juga menyebut bahwa ASEAN dan GCC adalah dua kekuatan besar yang akan terus tumbuh. Berdasarkan data, saat ini PDB ASEAN dan GCC mencapai lebih dari 5 triliun USD dan populasi mencapai lebih dari 700 juta jiwa.

“Ini adalah modal besar bagi kita untuk memainkan peran strategis sebagai kekuatan positif di tengah kondisi dunia yang terbelah,” kata dia.

Ia mengatakan bahwa Indonesia mengapresiasi aksesi seluruh anggota GCC terhadap Traktat Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN sebagai komitmen negara teluk untuk mendukung perdamaian di Asia Tenggara dan kawasan Indo-Pasifik.

No Comments

    Leave a Reply