Kegagalan Pembangunan Food Estate Jadi Topik Pembahasan Rakernas IV PDI Perjuangan

September 29, 2023

BRIEF.ID – Masalah pertanian , khususnya  terkait kegagalan pembangunan lumbung pangan atau food estate  menjadi topik pembahasan dalam Rapat Kerja Nasional IV PDI Perjuangan,  yang  berlangsung pada  29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023.

Isu food estate mengemukan karena dinilai berorientasi kepada kelompok tertentu, bukan bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Rencananya, food estate akan di Kalimantan Barat seluas 120 ribu hektare (ha), Kalimantan Tengah (180 ribu ha), Kalimantan Timur (10 ribu ha), Maluku (190 ribu ha), dan Papua (1,2 juta ha).

Selain membahas kegagalan pembangunan food estate, peserta Rakernas yang berasal dari  jajaran pimpinan PDI Perjuangan di berbagai daerah, juga akan mendengarkan pidato politik Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, pada  Jumat (29/9/2023).

Selain  Megawati, peserta Rakernas IV PDI Perjuangan juga akan mendengarkan  pidato  bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Menurut Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto,  program  lumbung pangan yang saat ini dijalankan di bawah koordinasi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan dievaluasi karena  dinilai tidak mencapai tujuan awal dicanangkan.

“Itu akan terus kita evaluasi. Food estate itu untuk rakyat. Food estate itu bukan untuk sekelompok orang per orang apalagi untuk pihak-pihak yang mau mengambil manfaat melalui proyek food estate,” kata  Hasto.

No Comments

    Leave a Reply