Ganjar Pranowo: Kedaulatan Pangan Harus Diurus dari Hulu ke Hilir

September 29, 2023

BRIEF.ID – Bakal calon presiden Ganjar Pranowo akan berpidato tentang kedaulatan pangan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Rakernas IV PDI Perjuangan, yang  berlangsung  29 September   hingga 1 Oktober 2023  mengusung tema  “Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia” dan Sub tema “Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia.”

“Kami berbicara kedaulatan pangan, maka semua diminta untuk serius mengurus persoalan pangan ini dari hulunya sampai ke hilir,” ujar Ganjar.

Ia mengatakan,  persoalan pangan harus diurus secara serius, baik dari hulu maupun hilirnya. Hal ini juga termasuk pupuk yang akan digunakan, bibit yang bagus hingga lingkungan hidup yang mulai rusak.

“Cukup kompleks ya, makanya PDI Perjuangan,  hari ini Rakernas-nya bicara pangan dan itu sangat strategis,” katanya.

Selain itu,  sambung mantan Gubernur Jawa Tengah itu, fenomena El Nino juga memberikan banyak dampak ke masyarakat. Pasalnya, fenomena ini membuat penurunan jumlah curah hujan jauh di bawah normal untuk beberapa daerah di Indonesia.

“Sekarang terjadi El Nino, ini menjadi isu yang paling dibutuhkan oleh rakyat. Kan harga beras juga sedang tinggi, jadi butuh pengendalian dari kita,” jelas dia.

Disebutkan,  harga  beras saat ini meningkat signifikan sehingga  dibutuhkan pengendalian untuk meredam harga beras yang kian mahal, di mana harga beras medium naik Rp170 menjadi Rp13.220 per kilogram dari pekan lalu sekitar Rp13.050. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply