AHY Belum Tentukan Arah Koalisi Demokrat

September 4, 2023

BRIEF.ID – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan akan bergabung dengan koalisi partai politik (parpol) lain yang memiliki kesamaan cara pandang, visi kebangsaan, dan etika politik. Di sisi lain, AHY belum menentukan parpol apa yang akan dituju.

“Dalam upaya memperjuangkan perubahan dan perbaikan itu, Demokrat akan berikhtiar untuk bergabung dengan koalisi lain yang memiliki kesamaan cara pandang, visi kebangsaan, dan etika politik,” kata AHY dalam konferensi pers di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2023).

AHY memandang bahwa etika, integritas, dan komitmen telah tergerus dalam hiruk-pikuk menuju Pemilu 2024. Dia menilai, ketiga hal itu tidak lagi menjadi penting dan relevan dalam mencapai tujuan politik.

“Ini yang justru menebalkan keyakinan politik saya bahwa perubahan benar-benar diperlukan. Karena demokrasi yang sejati, hanya bisa dirawat dan tetap eksis jika hal-hal mendasar tadi tetap dipertahankan,” ucap AHY.

AHY menyebut  tidak akan menyerah untuk terus memperjuangkan nilai dan etika dalam kehidupan politik dan demokrasi. Dia pun bercerita pengalamannya selama menjadi prajurit TNI mengajarkan untuk senantiasa memegang teguh nilai dan etika keperwiraan. Dalam hal perang, kata AHY, cara memenangkan peperangan termasuk hal yang penting.

“Dalam kondisi perang saja kami diwajibkan ketika itu untuk mematuhi etika dan aturan, sehingga perang bukan soal killed or to be killed, bukan seolah hanya tentang menang kalah, tetapi juga soal cara untuk bisa memenangkan peperangan tersebut,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply